Tips Memotivasi Diri dan Mengembalikan Semangat Belajar

blank

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Pelajar Darunnajah Cipining

Dalam hidup kita pasti menemukan proses di mana kita sangat malas untuk melakukan suatu aktivitas, terutama belajar. Padahal, kita harus segera menyelesaikan studi kita untuk kepentingan masa depan kita. Namun, rintangan dan halangan terus menerus mendatangi kita. Inilah daftar rintangan atau halangan yang menjadi masalah pelajar pada umumnya.

– Malas
– Tertekan oleh lingkungan
– Tugas yang menumpuk
– Orang tua yang menuntut
– Sulit memperbarui motivasi
– Tidak mempunyai tujuan

Lalu, apa yang harus kita lakukan di saat kita mengalami proses tersebut? Jawaban singkatnya adalah : Tetap berproduktivitas. Bagaimana caranya tetap berproduktivitas? Mengerjakan. Bagaimana cara mengerjakan? Memulai. Bagaimana cara memulai? Jangan malas. Bagaimana cara tidak malas? Memulai. Bagaimana cara memulai? Jangan malas.

Dan di bawah ini adalah beberapa tips mengatasi hal-hal tersebut :

  1. Paksa Dirimu

Terkadang ada kalanya kita benar-benar malas. Namun, ketika kita memaksa diri kita, kita akan mendapatkan suatu kepuasan yang tidak kita dapatkan saat kita mengikuti malas kita.

  1. Buat deadline-mu sendiri

Semisal kamu mendapatkan sebuah tugas, namun kamu tetap bermain komputer dan bermalas-malasan. Itu semua tidak akan terjadi jika waktu mengumpulkan tugas tersebut sudah tinggal beberapa jam lagi bukan? Kalian akan bangun dan dengan panik mengerjakannya. Bayangkan, segala sesuatu yang anda tunda untuk dikerjakan memiliki deadline BESOK harus dikumpulkan. Sehingga, anda tidak punya waktu untuk berleha-leha dan menonton televisi dengan santai. Bukankah kita tidak bisa diam dan santai ketika aniing mengejar kita? Semalas apapun, kita pasti akan terus berlari menghindari kejaran anjing tersebut. Begitu juga dengan hidup. Ketika kita membuat batasan kita sendiri, kita akan tahu bahwa sesungguhnya kita bisa hidup dengan disiplin.

  1. Selalu Merasa Termotivasi.

Dengan berpura-pura termotivasi mengerjakan sesuatu, secara tidak langsung kamu telah mengaktifkan mode semangat dalam dirimu. Itu juga yang akan terjadi dengan hasil pekerjaanmu, akan lebih maksimal ketimbang ketika kamu mengerjakannya secara ogah-ogahan. Untuk selalu termotivasi, ketika belajar tegap kan badan (dengan sesekali bersandar untuk me-rileks-kan badan), lalu percepat pernafasan (ini sebagai tanda bahwa kamu telah siap menghadapi segala tugas), tajamkan mata (Ini memberikanmu kesempatan untuk berkonsentrasi penuh pada pelajaran).

  1. Hadiah.

Berilah dirimu hadiah begitu selesai mengerjakan tugas. Contohnya : Ketika sudah mengerjakan tugas untuk besok selama 3 jam. kamu memberikan waktu 1 jam bermain komputer sebagai hadiah untuk dirimu.

  1. Tebarkan Semangat Positif terhadap Sesama.

Dengan memotivasi orang lain atau minimal menebarkan hal positif kepada orang lain, kita telah menaikkan mood kita 100% dan akan mudah menerima pelajaran dengan baik.

  1. Kontrol Dirimu, Bukan Emosi yang Mengontrolmu.

Bukan rasa malas atau bahkan guru yang membosankan yang mengontrolmu. Namun, kamu adalah pengontrol terbaik dalam hidupmu! Percaya atau tidak hal ini adalah benar.

Semisal di sekolahanmu datang seorang guru Matematika baru. Guru ini mengajarkan matematika dengan sangat buruk dan tidak ada satupun murid di kelas yang bisa paham materi pelajaran matematika. Kamu bisa gagal dalam ujian karenanya (Ini berarti guru menjadi pengontrol kesuksesanmu). Namun, kamu bisa memilih pilihan untuk mengontrol dirimu untuk tetap memperhatikan guru tersebut atau belajar sendiri dan bertanya kepada guru lain begitu pelajaran berakhir. Sesungguhnya, guru yang membosankan adalah berkah kecil untukmu. Karenanya, seisi kelas akan gagal dalam ujian. Namun, tidak denganmu ketika kamu berhasil mengontrol dirimu 100%.

(WARDAN/Muhammad Fariz)

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait