Tips Ketika Menghadapi Ujian

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram

Loading...

 Tips Ujian di Pondok Pesantren

Di Pondok Pesantren setiap tahun nya para santri mengikuti kegiatan ujian tengah semester dan ujian akhir semester dan ini adalah rutinitas tiap pondok. Sebelum melakukan kegiatan ujian. Para santri diharuskan untuk berdoa terlebih dahulu untuk mempermudah santri dalam menghadapi ujian di pondok salah satu doa supaya dipermudahkan dalam ujian.

  1. Berdoa

اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Artinya : “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya

Maka kami yang berada di Pondok Pesantren maupun yang di  luar Pesantren kami terus berdoa supaya semua segala urursan kami dipermudahkan.

Dalam Al Qur’an dijelaskan:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

“Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (QS. Thaha ayat 25-28).

Meminta Ridho Orang Tua

Loading...

Dan jangan lupa minta doa kepada orang tua supaya orangtua mengridhoi kita supaya semua ujian yang kita hadapi di pondok semoga semuanya berjalan dengan lancar. Begitupun para santri dan jangan lupa untuk mendoakan orangtuanya.

Bedoa dan meminta ridho kepada orang tua saja tidak cukup tetapi kita juga harus ada usahanya dengan belajar.

Jangan menyepelekan waktu

1 detik pun saja berharga sekali maka kami para santri jangan kamu menyepelekan waktu itu karena waktu itu terus berpurtar ke depan. Dan waktu itu tidak bisa dikembalikan kembali.

Niat

Niatkan ujian ini dengan tulus hati bukan karena kepaksaan atau dari pihak mana pun karena jika kamu saja sudah tidak niat untuk mengikuti ujian atau karena kepaksaan maka ujian itu terasa sulit bagi kalian yang akan mengerjakanya

Koreksi

Jika kamu sudah mengerjakan ujian itu maka koreksilah sampai teliti ujian itu sebelum diserahkan kepada pengawas ruangan itu dan jangan lupa untuk mengecek kembali nama, mata pelajaran dan kelas.

 

Muhammad Hilal Lazuardy (DN4)

Loading...

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah