Tips Dan Trik Agar Betah Di Pondok

Tips Dan Trik Agar Betah Di Pondok

Kedatangan Santri Baru adalah momen penuh haru dan bangga

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram

Pondok Pesantren merupakan salah satu tempat Pendidikan dan pengembangan akal dan juga mental yang diajarkan tidak hanya di dalam kelas saja, tapi juga di luar kelas yg dimana bertujuan agar para Santri dapat mempelajari berbagai macam ilmu.Tidak hanya ilmu pelajaran di kelas saja, tapi juga ilmu kehidupan.

Loading...

Terdapat banyak macam kendala yg dapat mengakibatkan Santri tidak betah untuk tinggal dan meneruskan Pendidikan nya di Pondok Pesantren. Berikut ‘Tips Dan Trik Agar Betah Tinggal Di Pondok Pesantren’:

 

  1. Jangan terlalu sering di jenguk
Sering di jenguk apalagi wali santri yang emosional dapat membuat Santri tidak betah di Pondok Pesantren

Faktor ini merupakan salah satu faktor terbesar para Santri khususnya para Santri baru menjadi tidak betah untuk tinggal di Pondok Pesantren dan ber-akhir pada ketidaklanjutan Santri di Pesantren tersebut.

Alangkah baiknya bagi para wali santri agar menahan diri untuk menjenguk ke Pondok Pesantren, setidaknya memberi jarak Panjang dari kunjungan 1 ke kunjungan lainnya agar sang anak merasa betah dan juga bisa ber-adaptasi pada lingkungan yang ada.

 

  1. Taati peraturan yang ada

 

hukuman pada Santri yang bertujuan untuk mendisiplinkan mereka agar tidak melanggar peraturan

Kedisiplinan adalah kata yang identik pada Pondok Pesntren yang memiliki banyak peraturan khususnya pada waktu ibadah, para santri yg tidak betah selama di Pondok Pesantren cenderung kepada seorang pelanggar peraturan dan sering menerima hukuman.

 

Hal ini juga meliput kepada seluruh Santri tidak hanya santri baru, bahkan biasanya santri lama lah yg tidak taat akan peraturan Pondok Pesantren.

Loading...

 

Maka diharapkan kepada seluruh Santri maupun calon santri yg akan mendaftar agar nantinya menaati peraturan yang ada pada Pondok Pesantren agar dapat menyesuaikan diri dan juga ber-adaptasi pada lingkungan baru.

 

  1. Bersyukur atas makanan yang disediakan
Dengan bersyukur atas apa yang kita mikili, dapat meningkatkan kebahagiaan dan juga keceriaan dalam diri kita

Pada Pondok Pesantren kita diajarkan untuk bersyukur atas apa yang ada, dan menerima hal tersebut dengan ikhlas. Begitu pula pada urusan makan.

 

Kita di didik untuk memiliki prinsip “makan untuk hidup” bukan “hidup untuk makan” yang intinya adalah makan untuk mengisi tenaga agar tidak sakit dan juga lemas saat ber-aktivitas bukan hanya meng-inginkan kenikmatan dari sebuah makanan

 

Maka diharapkan pula kepada seluruh Santri khususnya Santri baru agar bersyukur dan memakan makanan yang sudah disediakan oleh Pondok Pesantren.

 

Itulah beberapa ‘Tips Dan Trik Agar Betah Tinggal Di Pondok Pesantren’ yang dapat di diterapkan pada diri Santri dan juga Khalayak ramai, mungkin sekian info yang dapat kami sampaikan kurang lebihnya mohon maaf. wassalam

(M.Fatih Azka-D’Jours)

Loading...

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah