Search
Close this search box.
Workshop Sejarah

Tingkatkan Kualitas Keilmuwan, Dua Guru Ikuti Workshop Sejarah Islam

Tingkatkan Kualitas Keilmuwan, Dua Guru Ikuti Workshop Sejarah Islam

Workshop Sejarah

Selama dua hari; Sabtu-Ahad, 26-27 Oktober 2019, Ustadz Deni Rusman dan Ustadz Prasda eka Darma berkesempatan untuk mengikuti Workshop Guru Sejarah Islam sebagai utusan dari Pesantren Darunnajah Cipining. Pelatihan ini diselenggarakan di Sahira Butik Hotel, Jl. Paledang No. 53 RT 03 RW 02, Paledang, Blok Gajah, Kota Bogor 16122, dan sebagai penyelenggara adalah Bank BNI Syariah.

Ustadz Deni Rusman adalah pengajar materi SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) untuk jenjang Madrasah Aliyah (MA/SLTA) Darunnajah Cipining, demikian juga Ust Prasda Eka darma, pengajar SKI untuk jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs/SLTP) Darunnajah Cipining. Disamping sebagai pengajar materi sejarah Islam, keduanya adalah guru yang memang memiliki ketertarikan untuk mendalami sejarah.

Secara keseluruhan, kegiatan Workshop ini diikuti oleh 25 peserta, dari 15 sekolah di Jakarta, Bogor dan sekitarnya. Untuk peserta yang berasal dari Jakarta, disiapkan transportasi untuk berangkat bersama panitia menuju lokasi workshop di Bogor. Sementara peserta dari Bogor dan sekitarnya, bisa langsung menuju tempat acara.

Pada acara Workshop ini, ada tiga materi yang akan diberikan kepada para peserta, yakni Sejarah Islam Era Nabi Muhammad (Sirah Nabawiyah), Sejarah  Islam  di  Andalusia,  dan Sejarah  Islam  Era  Turki  Usmani. Peserta sudah mendapatkan salinan modul dari Panitia dalam bentuk soft file satu pekan sebelum workshop dilaksanakan, sehingga memudahkan para peserta untuk membaca lebih awal.

Workshop SejarahAcara dimulai pada hari Sabtu, 26 Oktober 2019 dan langsung dibuka oleh Koordinator Panitia, Indra Permana, Manager Operasional Divisi Operasional PT. Bank BNI Syariah, tepatnya pada pkl 08.00 WIB. Kemudian disambung dengan materi Workshop, Ustadz Agung A W S Waspodo, SE., M.P.P., seorang Dosen FEUI, dan salah satu ahli dibidang Sejarah Islam.

Dalam materi yang disampaikan oleh Ust Agung, beliau menyampaikan bahwa dalam setiap materi sejarah yang diberikan diusahakan menyampaikan hikmah dan pesan moral kepada para peserta didik. Agar materi sejarah tidak sekedar materi rangkaian cerita, tetapi kisah yang mengandung banyak hikmah dan pelajaran.

Ustadz Agung juga menyarankan agar guru sejarah dapat menggunakan media berupa peta. Bahkan disampaikan, kunci keberhasilan didalam menguasai dan mengajarkan materi sejarah adalah ada pada media dalam bentuk peta. Karena didalam peta tersebut terdapat informasi-informasi yang tersimpan dengan bentuk dan simbol pada peta, dan tentu hal itu akan menambah daya tarik dan memudahkan peserta didik untuk merekam suatu peristiwa.

Ustadz Agung Waspodo memang banyak memberikan materi seputar sejarah Islam, cukup banyak rekaman kajian beliau yang sudah dipublikasikan di media online seperti YouTube. Diketahui, Ustadz Agung memiliki ketertarikan dibidang sejarah Islam sejak duduk di bangku SMP. Beliau termotivasi oleh seorang guru sejarah yang sangat menarik didalam mengajar sejarah.

Kemudian pada hari kedua, Ahad 27 Oktober 2019 kegiatan difokuskan pada micro-teaching, yaitu praktek mengajar di depan para peserta lainnya dan dinilai oleh tim penilai. Presentasi  dievaluasi  oleh  Tim Penilai yang meliputi  3  aspek;  konten/materi presentasi,  kreatifitas dalam  penyampaian  dan  penggunaan  properti  pendukung,  serta penguasaan kelas/audience.

Topik yang disampaikan sesuai dengan materi yang disampaikan sebelumnya oleh Narasumber;  Sejarah Islam Era Nabi Muhammad, Sejarah  Islam  di  Andalusia,  dan Sejarah  Islam  Era  Turki  Usmani. Masing-masing peserta dibatasi hanya memiliki waktu maksimal 15 menit dalam presentasinya (praktek mengajar). Format presentasi tidak dibatasi, sesuai dengan kreatifitas dan kebutuhan peserta.

Satu bulan setelah workshop, setiap peserta diminta mengumpulkan video praktek mengajar di  lingkungan  sekolah  masing-masing,  dengan  mengacu  kepada  materi  dan  teknik  yang diberikan selama workshop. Video tersebut dilakukan penilaian untuk menentukan siapa diantara peserta yang pantas mendapatkan nilai terbaik.

Hal menarik lainnya, diantara salah satu panitia pelaksana workshop adalah Ariyus Saputra, yang merupakan alumni Darunnajah Cipining tahun 2008. Beliau sudah berkhidmat di Bank BNI Syariah sekitar 6 tahun lamanya. Di sela-sela istirahat, Ustadz Deni dan Ustadz Prasda menyempatkan diri untuk bertanya lebih jauh tentang workshop tersebut. Beliau menyampaikan kegiatan workshop ini bertujuan memberikan referensi tambahan pengetahuan kepada guru-guru sejarah Islam, khususnya terkait sejarah kejayaan peradaban Islam Era Rosulullah, Era Andalusia dan Era Khalifah Turki Usmani.

Acara selesai pada hari Ahad, Pkl 16.00 WIB dan dilakukan penutupan setelah Shalat Ashar berjamaah. Setelah penutupan, sesi perfotoan bersama para peserta dan panitia untuk dokumentasi. Alhamdulillah, selama dua hari, peserta workshop telah ditambah wawasannya, dan pengetahuannya didalam menyampaikan ilmu kepada peserta didik. (WARDAN/DR)

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah