Teknologi Tidak Membawa Kita Keluar dari Nilai-nilai Kesederhanaan, Karena Teknologi adalah Kebutuhan
Menu

Teknologi Tidak Membawa Kita Keluar dari Nilai-nilai Kesederhanaan, Karena Teknologi adalah Kebutuhan

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
AoQxz4R3AZrTeRiUxHovjBF-02_XsXuSgSeONGQ-lbU0
Salah Satu Pemateri Saat Menjelaskan Cara Penggunaan Drone (pesawat tanpa awak)

Jakarta_Website adalah rumah kita di dunia maya, di dalamnya terjadi banyak interaksi dan transfer informasi. Sedangkan media sosial adalah media untuk mempublikasikan konten kita ke masyarakat luas. Transfer informasi begitu massif terjadi di dunia maya seperti informasi tentang pendidikan, ilmu pengetahuan, sosial kemasyarakatan, kebudayaan, politik, bahkan informasi hiburan yang bermanfaat ataupun tidak bermanfaat juga ada di dunia maya.

Apa yang bisa kita manfaatkan dari boomingnya penggunaan media sosial di masyarakat untuk pendidikan? Lembaga pendidikan pun dapat mengoptimalkan penggunaan media sosial untuk membangun network, menginformasikan kegiatan, meng-share tips dan trik tentang pendidikan dll. Disamping itu juga media sosial juga bisa digunakan sebagai media promosi yang murah meriah ataupun yang gratisan.

Pesantren Darunnajah Jakarta merupakan salah satu pesantren yang sudah menggunakan dan mengoptimalkan media sosiasl sebagai sarana berbagi informasi dan komunikasi. Saat ini pesantren darunnajah sedang mengadakan pelatihan optimalisasi website dan sosial media forum pesantren alumi Gontor dan Darunnajah yang berlangsung dari tanggal 22-24 Februari 2016 dengan narasumber yang kompeten dibidangnya, antara lain Mustafa Zahir (webmaster), Deni Rusman (praktisi internet marketing), Wildan (fotografi), Didi Suhaedi (film maker), dan Hariqo Wibawa (direktur komunikonten).

20160223183933

(suasana saat pelatiha optimalisasi website dan sosial media di Darunnajah Jakarta)

Pelatihan website dan media sosial amat sangat penting untuk kalangan pesantren, terlebih yang di daerah. Lokasi pesantren yang ada di kota dan di daerah aksesnya berbeda, namun internet mampu menembus batas tempat dan waktu, borderless, informasi dan komunikasi terjadi langsung, realtime, seperti yang disampaikan oleh Dr. KH. Sofwan Manaf, M.Si selaku pimpinan pesantren Darunnajah Jakarta dalam sambutannya.

Kita punya target, harus punya posisi kuat di internet. Perlu kerja tim untuk mewujudkan fastabiqul khairat, kita berkompetisi dalam memperkenalkan pesantren kita ke dunia, kita harus akselerasi, kita harus berlari.

Memang teknologi butuh biaya, tapi itu kebutuhan, dan hasil yang didapatkan akan lebih besar. Teknologi tidak membawa kita keluar dari nilai-nilai kesederhanaan karena teknologi adalah kebutuhan. Pesantren-pesantren FPA perlu bersatu dan saling membantu dalam meningkatkan kualitas website, saling berbagi dan mendorong kamajuan bersama. Kesulitan pasti ada, nikmati saja, kita hadapi bersama./aal

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Pengumuman Kenaikan Kelas Annur Darunnajah 8 Cidokom TA 2019-2020

PENGUMUMAN KENAIKAN KELAS TAHUN PELAJARAN 2019/2020 BISMILLAHRRAHMANIRRAHIM SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR TMI ANNUR DARUNNAJAH 8 CIDOKOM Nomor: 74/TMI-DN8/V/2020 HASIL UJIAN AKUMULATIF SELAMA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 PONDOK PESANTREN