Search
Close this search box.
blank

TAMU DARI MALAYSIA TIBA DI PESANTREN DARUNNAJAH CIPINING

TAMU DARI MALAYSIA TIBA DI PESANTREN DARUNNAJAH CIPINING

blank

Kamis (15/7/2010) tepat pukul 19.00 WIB tadi, rombongan dari Sekolah Arab Mercing Johor Malaysia tiba di Pesantren Darunnajah Cipining. Rombongan disambut oleh para asaatidz kemudian segera diarahkan ke bagian penerimaan tamu (qismu istiqbaali ad-dhuyuf) untuk istirahat sejenak. Setelah itu, rombongan menuju masjid Jami’ Darunnajah Cipining untuk melaksanakan sholat isya’.

Saat Tamu Malaysia Tiba
Saat Tamu Malaysia Tiba

Selesai sholat isya, Ust. Mukhlishin Ibnu Muhtarom, S.H.I.,  selaku ketua panitia penyambutan naik ke mimbar untuk menyampaikan ucapan selamat datang kepada para tamu yang datang jauh dari Malaysia dalam berbahasa Arab. “Aquulu lakum ahlan wa sahlan wa marhaban ilaa haadzal ma’had”, ungkap kepala asrama putra ini dengan fasih.

Seluruh santri putra dan putri yang sudah menunggu sejak Maghrib di masjid kemudian mendengarkan kata sambutan dari Kepala Sekolah Arab Mercing Ust. Arif Abdul Qodir. Beliau menyampaikan sambutannya juga dalam Bahasa Arab. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terimakasih atas penerimaan Pesantren Darunnajah Cipining. Selagi di perjalanan beliau merasa bahwa lokasi pesantren Darunnajah Cipining ini jauh. ”hiinamaa fis safar sya’urna anna hadzal makan ba’iid jiddan”, ungkapnya. Namun, rasa jauh dan lelah itu hilang seketika ketika beliau melihat kondisi dan suasana Pesantren Darunnajah Cipining. Selain itu, beliau juga mengatakan bahwa Sekolah Arab Mercing hendak belajar dari Pesantren Darunnajah Cipining mengenai disiplin, manajemen, dan pelajaran-pelajaran yang dipelajari di Pesantren ini.

Ustadz Abdul bin Qodir Saat Sambutan di Masjid
Ustadz Abdul bin Qodir Saat Sambutan di Masjid

Kesempatan yang berharga ini tidak disia-siakan oleh para santri untuk bertanya. Selesai memberikan sambutannya, adalah Fawaz santri asal Bogor mengajukan beberapa pertanyaan. Salah satunya adalah mengenai film Ipin dan Upin yang digemari oleh anak-anak di Indonesia. Ust. Arif Abdul Qodir menjawab bahwa film Ipin dan Upin merupakan sebuah kisah agar bagaimana anak-anak bisa berakhlak yang baik, menghormati orang tua dan guru, serta menghargai teman-temannya. Selain itu, Halimah Siregar santri asal Riau juga bertanya mengenai pendapat Ust. Arif  tentang hubungan persaudaraan antara Indonesia dan Malaysia. Lalu beliau mengatakan bahwa sesama mukmin dan muslim adalah bersaudara. Bahwa persaudaraan yang didasarkan iman itu jauh lebih kuat dibanding persaudaraan berdasarkan bangsa.

Kemudian, Ust. Arif juga memohon doa kepada para santri Darunnajah semoga perjalanannya diberikan keselamatan oleh Allah swt. Selesai pertemuan di masjid dengan para santri, rombongan kemudian diajak untuk makan malam di kediaman Bapak Pimpinan Pesantren Darunnajah Cipining, K.H Jamhari Abdul Jalal, Lc.

Tamu Malaysia Bertandang ke Asrama Tahfidz
Tamu Malaysia Bertandang ke Asrama Tahfidz

Selepas makan malam, rencananya akan diadakan forum dialog dan sharing dengan dewan guru Pesantren Darunnajah Cipining di gedung pertemuan. Selamat Datang saudaraku, ahlan wa sahlan. Semoga kunjungan ini bermanfaat buat Sekolah Arab Mercing Johor, Malaysia dan juga buat Pesantren Darunnajah Cipining, amiin. (Wardan/dzikrillah).

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah