Hari Ahad (28/3) Pimpinan Pesantren Darunnajah Cipining, KH Jamhari Abdul Jalal, Lc. Kembali memberikan Kuliah Umum-nya kepada seluruh santri Non TMI. Tausiah kali ini, Pak Kyai (demikian akrab dipanggil) didampingi oleh Ust Isma’il S.Pd.I, yang juga akan memberikan Tausiah setelah Pimpinan Pesantren.

Dalam kesempatan kali ini, Pimpinan Pesantren berpesan kepada seluruh santri untuk tidak takut kepada apapun kecuali Allah. Seperti yang banyak dijumpai pada dunia film anak-anak, Hantu merupakan sesuatu yang paling ditakuti oleh anak-anak. Sehingga pergi ke kamar kecil saja untuk berwudhu harus diantar karena takut pada hantu. Begitu juga ketika bepergian, terkadang ketakutan itu juga menghantui. Apakah karena takut kepada binatang, ataupun takut kepada apapun yang belum tentu terjadi.

Allah berfirman dalam Al-Qur’an Surat Adz Dzariyat 56, وما خلقت الجن والإنس إلا ليعبدون “tidaklah aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk menyembah Aku”. Jadi segala sesuatu yang Allah ciptakan ini, termasuk jin, tidak untuk ditakuti. Tetapi dipercaya keberadaannya saja, karena mereka juga sama-sama beribadah kepada Allah SWT. Kita juga percaya akan adanya syetan dan Iblis walau tidak dapat kita lihat, tetapi lagi-lagi hal tersebut tidak untuk ditakuti, tetapi hanya sekedar kita percayai keberadaannya, karena memang Allah yang telah menciptakan mereka.

Islam tidak mengajarkan umatnya untuk takut kepada Makhluk, tetapi takut hanya kepada Allah SWT saja. Seperti dalam Firman-Nya, Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah sebenar-benarnya taqwa kepada-Nya (Ali Imran: 102) Umat islam yang beriman diwajibkan untuk Taqwa, yakni Takut kepada Allah. Takut dalam artian, menjalankan segala perintahnya, serta menjauhi larangannya. [WARDAN/Kang DR]