Tafsir Al Qur’an

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

DSC_1143Pamulang, 30 Juni 2014 http//.www.pesantrenmodern.com Pendidikan yang baik adalah Santri sebagai Subjek pendidikan, pagi ini KH. Saifuddin Arief., SH.,MH menyuruh 2 orang santri untuk saling bersautan untuk membaca surah Al Fatehah dan menterjemahkannya.
Ayat al qur’an diturunkan di mekkah yang dinamakan surah “Makiyyah” sedangkan ayat yang diturunkan di Madinah dinamakan “Madaniyah”
Surah Al Fatehah adalah surah yang pertama ditulis dalam al qur’an, surat Al Fatehah diturunkan di Mekkah.
Tafsir surah Al Fatehah :
1. Saya berlindung kepada Allah dari godaan syaiton yang Terkutuk.

Allah pencipta seluruh Alam yg mengusai segala alam semesta, maka Allahlah tempat kita untuk berserah diri.
Syaiton adalah musuh utama manusia, dari awal diciptakannya Nabi Adam diciptakan Syaiton sudah mengibarkan bendera permusuhan kepada umat manusia, karena sudah ikrarnya kepada sang pencipta bahwasannya syaiton akan mengoda umat manusia untuk mengikuti jalan yang tidak lurus yaitu jalan yang sesat. maka dari pada itu dibulan yang penuh berkah ini kita berkesempatan memperbanyak ibadah untuk menjadi musuh abadinya syaiton bukan menjadi teman abadinya syaiton.

2. Maha Pengasih lgi maha penyayang.

Setiap makhluk didunia ini yang bekerja Allah akan kasih apa yang mereka inginkan. tetapi Allah tidak akan memberikan kepada sembarangan orang yang sifat Nya Penyayang, karena sifat Allah yang penyayang ini hanya diberikan kepada orang yang bertaqwa kepada Nya.

3. Segala Puji Bagi Allah, Tuhan semesta Alam.

Yang menciptakan Jagat raya ini adalah Allah SWT, manusia tidak bisa melihat Allah tetapi kita bisa melihat maha kuasanya Allah dilihat dengan banyaknya ciptaanya yang ada di dunia ini.

4. Yang maha Pengasih lagi maha penyayang.

Manusia memberikan kasih sayang kepada sesama manusia ada batasnya, seseorang menolong itu ada pamrihnya, tapi Allah tidak meminta apapun dari hambanya.

5. Yang menguasai hari pembalasa .

Semua mahluk di dunia ini akanerasakan kematian, perlu persiapan untuk menghadapi katian, dihari pembalasan nanti Allah akan meminta pertanggung jawaban atas apa yang pernah kita lakukan selama kita hidup di dunia ini

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Kegiatan Fathu Kutub Santri Akhir Putri

Cidokom Post – Sejak Sabtu (24/10) Pondok Pesantren Anur Darunnajah 8 mengadakan kegiatan tahunan Fathu Kutub untuk santri akhir TMI. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula