Menu

Sukses Ujian Praktek Mengajar Santri Kelas Akhir TMI!

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Sukses Ujian Praktek Mengajar Santri Kelas Akhir TMI!

Salah-satu core poin program pendidikan dan pengajaran Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor adalah penyiapan guru-guru Islam yang profesional, religius dan berkarakter mulia. Berbagai upaya nyata dilaksanakan dalam mencapai target tersebut, antara lain: pengajaran materi Tarbiyah Wa Ta’lim (diktadik metodik) sejak kelas 3 TMI, penugasan magang mengajar di Madrasah Diniyah dan atau TPA serta pengenalan pelajaran Psikologi Perkembangan dan Pendidikan  bagi santri kelas 5 TMI, hingga Ujian Praktek Mengajar (‘Amaliah Tadris) bagi santri kelas 6 TMI / XII MA dan SMK.

Sebelum proses pelaksanaan Amaliah Tadris, seluruh santri kelas 6 TMI telah juga mendapatkan pembekalan selama 3 hari tentang sifat guru ideal, metode pengajaran dan langkah-langkah pengajaran, cara mengritik, hingga pembuatan i’dad atau RPP. Mereka juga mendapat bimbingan intensif dari musyrif/ah khusus mata pelajaran yang akan diampunya.

Pada ‘Amaliah Tadris 2017 terdiri dari 20 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 9-11 santri. Kelompok 1-8 merupakan kelompok santriwan, adapun kelompok santriwati pada urutan kelompok 9-20. Setiap kelompok diketuai salah-satu santri yang bertanggungjawab untuk mengerakkan kawan-kawannya hadir on time ketika ada praktek mengajar maupun dalam sidang penentuan paska praktek (intiqodat).

Berikut data lengkap peserta Ujian Praktek Mengajar 2017:

Kelas 6A : 28 santriwan asrama, kelas 6B : 27 santriwan asrama,  kelas 6C : 30 santriwati asrama, kelas 6D : 30 santriwati asrama, kelas 6E : 28 santriwati asrama, kelas 6F: 11 santriwan dan santriwati non asrama, kelas XII A SMK: 17 santriwan asrama dan non asrama dan kelas XII B: 25 santriwati asrama dan non asrama. Total 196 santri.

Adapun guru pembimbing yang terlibat langsung dalam salah-satu program unggulan pesantren  ini berjumlah 38 guru senior;  33 ustadz dan 5 ustadzah. Mereka  pada umumnya adalah alumni KMI Gontor dan TMI Darunnajah yang juga telah menyelesaikan Strata 1 (Sarjana

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

15 Hari Menuju Ramadhan
Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor

15 Hari Menuju Ramadhan Apa Persiapan Mu?

Ramadhan sebentar lagi… يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ [البقرة : 183] (Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan