Suasana Ujian Mid Semester 1 Pondok Pesantren Annur

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
Suasana Ujian Mid Semester 1 di Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8 – Photo by Annurgraphy

Tepat Sabtu (12/09) Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8 Cidokom memulai Ujian Mid Semester 1, yang akan berlangsung 5 hari sampai hari rabu. Ujian Mid Semester 1 adalah ujian untuk mengulang pelajaran-pelajaran yang telah dipelajari santri selama 3 bulan.

Ujian dilaksanakan diberbagai titik tempat. Di kelas, di aula, ada pula yang di dalam kamar bagi yang sedang sakit. Tak lupa, pengawasan selama ujian juga tetap diperhatikan. Baik pengawasan kepada santri selama ujian, maupun kebersihan lingkungan. Dalam Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8 Ujian adalah kegiatan yang sakral. Karena Ujian adalah tahap untuk memperbaiki diri, dan mencari metode belajar yang cocok dari setiap santri.

Menerapkan Physical Distancing Selama Ujian – Photo by Annurgraphy

Panitia Ujian tahun 2020/2021 terdiri dari 24 Guru TMI yang dibantu oleh 124 Santri Kelas Akhir. Hal ini bertujuan agar santri kelas 6 terlatih berorganisasi dan memanage suatu pekerjaan, juga sebagai proses pendidikan dan bekal sebelum terjun ke masyarakat. Panitia Ujian dibentuk untuk mempermudah jalannya ujian, menyusun jadwal pelajaran yang diuji, menata kelas yang digunakan untuk ruang ujian, membersihkan lingkungan pondok, menertibkan santri selama masa ujian dan membantu guru dalam menyiapkan soal-soal ujian.

Pengawasan Selalu Diterapkan Kepada Santri – Photo by Annurgraphy

Ujian bukanlah ajang perlombaan siapa yang terpintar atau siapa juaranya, melainkan ujian adalah waktu kita membenahi diri menyiapkan hari selanjutnya untuk memghadapi persoalan. Bukan belajar untuk ujian, tetapi ujian untuk belajar. Dengan ujian kita bisa mengevaluasi kemampuan kita dan belajar dari kesalahan yang lalu agar tidak diulangi kembali. Karena cara kita untuk naik tingkat adalah dengan dites, diuji, dan diberi persoalan.

Santri Belajar Dengan Serius dan Semangat – Photo by Annurgraphy

Kami memohon do’a dan ridho dari seluruh dewan guru dan walisantri. Karena do’a dan ridho orangtua dan guru sangat berpengaruh bagi kehidupan anak didiknya. Semoga santri-santri dapat memanfaatkan waktu ujian ini dengan sebaik-baiknya, dan dengan ujian ini berhasil menaikkan level santri, baik dalam akademik maupun spiritual.

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
TK Darunnajah Jakarta

Pentingnya Ilmu

Ilmu adalah cahaya yang menyinari disaat gelap menerpa. begitu pentingnya ilmu sampai ungkapan sahabat yang mengatakan ” JIka kamu menginginkan kebahagian dunia tuntulah ilmu, jika