Olahraga merupakan suatu gerakan olah tubuh yang memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan. Olahraga membantu merangsang otot-otot dan bagian tubuh lainnya untuk bergerak Pentingnya olahraga bagi tubuh dapat diilustrasikan seperti mesin yang tidak pernah digunakan/digerakkan. Lambat laun, bagian-bagian dari mesin akan rusak karena tidak terlatih untuk terus bergerak/bekerja.

Demikian pula tubuh, jika kurang gerak, tubuh akan menjadi bermasalah dan tidak sehat. Dengan berolahraga, tidak hanya otot-otot yang terlatih, sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh pun menjadi lancar sehingga metabolisme tubuh menjadi optimal. Tubuh akan terasa segar dan otak sebagai pusat saraf pun akan bekerja menjadi lebih baik. Mari kita lihat manfaat olahraga yang lainnya.

Pesantren Darunnajah Cipining khususnya dalam Kepengurusan OSDC (Organisasi Santri Darunnajah Cipining) Putri berhasil menggalangkan kegiatan “Sport Competition” dalam rangka melaksanakan Program Tahunan Bagian Olahraga masa bhakti 2012-2013. Kegiatan ini berlangsung selama 1 hari tepatnya di seluruh arena Lap. Kampus 1 Putri, Jum’at (20/09/13).

Acara ini digawangi langsung oleh Bagian Olahraga OSDC dan dibantu oleh seluruh Pengurus OSDC maupun Koordinator. Tak hanya itu dalam hal inipun turut berpartisipasi dan mengawasi berjalannya perlombaan yakni Usth. Siti Wulan Nasroh selaku Pembimbing Bagian Olahraga Santri.

Adapun beberapa mata lomba yang diadakan diantaranya: Perlombaan Bola Volly, Bola Basket, Badminthon, Senam/gymnastic dan Lari Estafet. Seluruh kegiatan diikuti oleh santri mulai dari Kelas VII, VIII, IX, Intensif dan X. Teknisinya perlombaan ini dibentuk sesuai pengelompokkan kelas masing-masing.

Tepat pukul  7.30 WIB acara pembukaan kegiatan berlangsung, setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan perlombaan yang sudah di tentukan. Terlihat nuansa semangat yang tinggi dan antusias yang besar dari respon para peserta atau para santri itu sendiri. Karna khalayaknya hari Jum’at merupakan hari libur sekolah yang biasanya diisi dengan “Bakti sosial” asrama dan sekitarnya. Tapi kini para peserta mengaku senang dan gembira karna bisa sehat sekaligus berkreasi mengembangkan bakat dan potensi masing-masing.

Semoga dengan diadakannya kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang baik, pengalaman yang positif dan latihan edukatif bagi seluruh santri. Agar tercipta generasi yang cerdas dan sarat akan kesehatan baik jasmani maupun rohani.

Selain itu harapannya di masa yang akan datang para generasi demi generasi semakin banyak menyadari seberapa pentingnya Olahraga dalam hal menjaga kesehatan guna aktif dan dapat selalu beraktifitas dengan tubuh yang fit dan kuat. Ujar Claudia Rahma santriwati kelas XII MA selaku Ketua Pelaksana sekaligus Ketua Bagian Olahraga OSDC masa bhakti 2012-2013.

Adapun Pemenang dalam kegiatan Sport Competition adalah:

Badminton

Juara I             : Kelas IX

Juara II           : Kelas VIII

Bola Basket

Juara I             : Kelas IX

Juara II           : Kelas X

Bola Volly

Juara I             : Kelas X

Juara II           : Kelas Intensif

Estafet

Juara I             : Kelas IX

Juara II           : Kelas VIII

Senam

Juara I             : Kelas IX

Juara II           : Kelas X

Kelas Tersemangat  : Kelas VII

Kelas Teraktif           : Kelas IX

(WARDAN/Annisa)