SMP Darunnajah: Membangun Bangsa Lewat Pendidikan Bermutu
Menu

SMP Darunnajah: Membangun Bangsa Lewat Pendidikan Bermutu

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

SMP Darunnajah Cipining yang diwakili oleh kepala sekolah, Fathul Mu’min, S.Pd.I., pada tanggal 10 s.d 16 Oktober 2010 lalu telah mengikuti diklat penguatan kemampuan pengawas dan kepala sekolah ke VI bersama kepala-kepala sekolah tingkat SLTP dan pengawas se-Jawa Barat. Kegiatan yang bertempat di  PPPPTK BMTI Cimahi Bandung ii diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Dirjen PMPTK Nasional.

blankUstadz Mu’min menjelaskan bahwa diklat yang berlangsung selama 6 hari tersebut telah mampu membekas sehingga membentuk paradigma penting dalam melihat tugasnya sebagai kepala SMP. Mengelola pendidikan, kini dirasakannya sebagai usaha mulia untuk kemaslahatan manusia, baik sebagai pribadi, maupun sebagai anggota masyarakat. Hal ini senada dengan motto kegiatan yang berbunyi ‘Bersatu Maju Membangun Negeri’.

“Diklat ini cukup membuka mata saya untuk senantiasa menumbuhkembangkan potensi yang ada pada diri saya. Karena hakikatnya, kepala sekolah, pengawas, dan guru sekalipun sedang menjalankan tugas kerosulan dalam segala kegiatannya. Untuk itu, tugas ini seharusnya dilihat sebagaimana rosul dalam mengemban amanat dari Allah” Tuturnya.

Ustadz Mu’min juga sangat berkesan dengan kegiatan tersebut karena sebelum masuk pada materi. 2 hari pertama, semua peserta mengikuti ESQ. Sebelum menyentuh tugas-tugas peserta di dunia pendidikan yang menguras intelektualitas mereka, pada sesi ini, kesadaran dan sense peserta disentuh terlebih dahulu pada titik emosional spiritualnya. Sehingga, dalam melaksanakan rutinitas tugas dinas, mereka dapat mengkolaborasi antara Intelektual, emosional, dengan spiritual. Ini sebanding dengan tugas mereka mengelola koqnitif, afektif dan psikomotorik siswa-siswi binaannya.

Memasuki hari ketiga, 180 peserta yang terbagi menjadi 4 kelas tersebut mendapatkan materi  terkait dengan tugas mereka sebagai pengawas dan kepala sekolah. Untuk mendapatkan kualitas sesuai yang diharapkan, di setiap sesi pemberian materi selalu dilakukan test, praktik, dan diskusi.

Di akhir kegiatan, pihak PPPPTK BMTI menawarkan kerjasama kepada kepala-kepala sekolah sebagai mitra dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan untuk peningkatan SDM pengajar, terutama dalam penyediaan instruktur. Selain itu, mereka juga membuka diri serta mengharapkan hubuingan kepada lembaga-lembaga pendidikan semakin kondusif untuk ke depannya. (Wardan/Billah)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Kedatangan Santri Putra Kelas 5 Dan 6 TMI

Kedatangan Santri Putra Awal Semester Genap 2015Kedatangan Santri Putra Baru Dipondok Pesantren Darunnajah 2 CipiningKedatangan Santri Baru PutraSuasana Kedatangan Santri Baru (Putra) Di Pesantren Darunnajah