Serunya Para Santri Dalam Mendirikan Tenda Saat Perkajum di Ponpes Nurul Ilmi Darunnajah 14
Menu

Serunya Mendirikan Tenda Perkajum di Ponpes Nurul Ilmi Darunnajah 14

serunya mendirikan tenda saat perkajum

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Ketika kita mendengar kata PERKEMAHAN atau PERKAJUM, pasti erat kaitanya dengan yang namanya Tenda. Tenda harus didirikan terlebih dahulu sebelum melakukan aktifitas kepramukaan lainnya. Kenapa?                                                                                    Tentu karena tenda akan menjadi tempat bernaungnya para Peserta Perkemehan setelah lelah beraktifitas. Lihat Juga

 

 

serunya mendirikan tenda saat perkajum

    serunya mendirikan tenda saat perkajum

 

  •  “Lalu apa sih tenda itu?”                                                                                                Tenda adalah tempat pelindung yang terdiri dari lembaran kain atau bahan lainnya menutupi yang melekat pada kerangka tiang atau menempel pada tali pendukung. Beberapa tenda tidak perlu berdiri diatas tanah karena ada beberapa model tenda yang menggantung di pohon.
  • “Trus ada berapa jenis tenda?”
    • Bivak

    Bivak adalah tenda berlindung yang sifatnya sementara (darurat) gunanya untuk melindungi kita dari cuaca buruk. Bivak biasanya dibuat dengan jas hujan poncho.

    • Tenda Dome

    Tenda camping berjenis dome merupakan jenis tenda yang banyak penggemarnya. Walaupun secara kapasitas dan kekuatan tidak sekuat tenda pleton atau tenda yang biasa digunakan untuk kemah pramuka dan yang lain, tetapi tenda jenis dome ini punya banyak kelebihan yang layak untuk dipertimbangkan antara lain:

      • Ringkas, karena bisa masuk carier ataupun ransel harian
      • Ringan, dengan bobot yang hanya 2kg untuk dome paling sederhana hingga sekitar 4 kg untuk yang agak besar
      • Simpel, karena perlengkapan jadi satu paket/ tas (pasak, tali, frame/rangka, tenda, tas tenda)
    • Tenda Flysheet

    Tenda flysheet adalah tenda pendukung yang bentuknya mirip tenda pramuka tetapi lebih sederhana karena biasanya tidak memiliki penutup samping.

    • Tenda Pramuka/Tenda regu

    Tenda jenis ini adalah tenda yang paling banyak digunakan anak pramuka ataupun militer. Untuk mendirikan tenda ini dibutuhkan beberapa orang dan jenis tenda ini lebih kuat dari tenda yang lain.

    • Tenda Pohon

    Tenda jenis ini adalah tenda yang digantungkan di pohon.

Pendirian tenda acara Perkajum
acara Perkajum

Untuk itu sebelum memulai berbagai aktifitasnya, para santri terlebih dahulu mendirikan tenda bersama – sama. Selain untuk tempat beristirahat, dalam mendirikannya para santri dilatih juga kekompakannya dan kerjasama timnya.

Mau tau tenda – tenda unik?, tonton aja..

OK sekian info mengenai tenda…,see you later

By : scout_troop@darunnajah.com

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Pengumuman Kenaikan Kelas Annur Darunnajah 8 Cidokom TA 2019-2020

PENGUMUMAN KENAIKAN KELAS TAHUN PELAJARAN 2019/2020 BISMILLAHRRAHMANIRRAHIM SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR TMI ANNUR DARUNNAJAH 8 CIDOKOM Nomor: 74/TMI-DN8/V/2020 HASIL UJIAN AKUMULATIF SELAMA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 PONDOK PESANTREN