Alhamdulillah Tahun 2019 Pesantren Darunnajah Cipining kembali dapat menggelar acara akbar Pekan Ilmiah dan Keterampilan Santri (PIKSA) untuk yang ke- 2 kalinya, PIKSA ke-2 dilaksanakan mulai tanggal 6 s.d 8 Maret 2019, kegiatan ini di ikuti oleh 9 sekolah/pesantren dari daerah JABODETABEK, dengan mengusung Tema’’ Dare To Be Creative, The World And People Will Admire You” yang disponsori oleh GIP, Rudi Baja. Trenwash, dan Weskita.

Acara PIKSA ke-2 ini dibuka pada hari Rabu, 6 Maret 2019, dalam pembukaan tersebut hadir Bapak. Prof. Dr. Faisal Abdullah, SH., M.Si., DFM. selaku Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora
yang didampingi oleh Bapak. Esa Sukmawijaya, S.P. M,Si selaku Sekretaris Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora.

Sambutan Oleh Prof. Dr. Faisal Abdullah, SH., M.Si., DFM. selaku Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora

“Kegiatan Ini Sangat Kami Apresiasi Karena Berkaitan langsung dengan pembinaan santri sebagai generasi muda dalam Meningkatkan kompetisinya dalam lingkup IPTEK dan IMTAK. Para Ustadz dan Ustadzah, para santri dan undangan yang berbahagia, saat ini dunia memasuki revolusi industri 4.0 yang sarat dengan konektifitas berbasis tekhnologi informasi dan komunikasi serta robotik. Namun demikian, apapun perkembangan teknologinya, nilai-nilai kemanusiaan harus tetap kita jaga karena memang selaras dengan makna kekhalifahan yang Allah amanatkan kepada kita.
Terkonfirmasi bahwa kompetisi ini diikuti oleh para santri dari seluruh Indonesia. Karena itu, ajang ini pun hendaknya dapat mendorong silaturahim yang makin kuat sejalan dengan prinsip ukhuwah wathaniyah. Di sisi lain, beragam keterampilanpun, tidak dapat kita nafikan karena bersentuhan langsung pula dengan kompetensi para generasi muda, bersanding dengan pengetahuan dan sikap atau Akhlakul Karimah, Semoga Kegiatan ini lebih jauh dapat mendorong para santri dalam berbagai aktivitas yang positif ” hal ini disampaikan oleh Prof. Dr. Faisal Abdullah, SH., M.Si., DFM. selaku Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpopora dalam sambutannya di Grand Opening PIKSA.

Peresmian acara PIKSA ke 2 oleh Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining

Acara PIKSA diresmikan oleh pimpinan pondok pesantren Darunnajah 2 Cipining K.H Jamhari Abdul Jalal, LC dengan Takbir 3 kali yang ditandai pemukulan bas drumband, dalam peresmian tersebut beliau menyampaikan sambutan agar seluruh santri menggunakan kesempatan pada PIKSA ini sebagai sarana belajar banyak pada kegiatan seminar-seminar yang akan dilaksanakan, dan memperluas pengetahuan dengan mengunjungi bazar buku yang telah disediakan oleh panitia.

Adapun aneka kegiatan pada PIKSA adalah sebagai berikut :

A. Aneka Perlombaan

Perlombaan untuk peserta putri : Ambassador of PIKSA, Karya Ilmiah Remaja (KIR), Story Telling, Kaligrafi, Debat, Lomba Cerdas Cermat (LCC), Pidato3 Bahasa, Puisi, Future Plan, Cerpen, Maket, Lomba , Re-tell tokoh sejarah, Nasyid Acapela Dan pemilihan Duta Baca khusus untuk santriwati Darunnajah 2 Cipining.

Sedangkan perlombaan untuk peserta putra : Hadroh, marawis, LCC, Debat, Pidato 3 Bahasa, Karya Ilmiah Remaja, Musikalisasi Puisi, Mading Lighting, Tipografi, dan Kaligrafi.

Pada Kegiatan Grand Closing diumumkan untuk pemenang

Juara Umum Putri : Darunnajah 2 Cipining
Juara Favorit Putri : SMK Rengganis

Juara Umum Putra : Darunnajah 2 Cipining

Penampilan pada Grand Opening PIKSA ke 2

B. Workshop dan Seminar
1. Workshop Kepenulisan, workshop ini dilaksanakan pada hari Kamis, 07/03/2019 untuk putra disiang hari dan untuk putri di sore hari, seminar ini menghadirkan penulis Fuad Abdurrahman salah satu penulis best seller dari penerbit Republika, yang juga mendapatkan penghargaan IBF pada tahun 2015 dan tahun 2017, salah satu buku yang terkenal beliau adalah novel Pelukis Gurun Pasir.
2. Workshop Pertamanan dan Hidroponik oleh Ibu Dini Mardiyah, Ibu Dini Mardiyah merupakan lulusan Darunnajah 2 Cipining yang kini telah berkiprah dimasyarakat dengan berbisnis tanaman hidroponik, beliau
3.Workshop Tata Busana oleh Suratna, S.Sos, untuk menunjang kreativitas santri dalam tata busana, maka panitia
4. Workshop Motivasi oleh Akbar Zainudin, Akbar Zainudin adalah penulis sekaligus motivator yang sukses dengan buku man Jadda wa Jada nya.
5. Workshop Kesehatan kulit dan tata rias,
Workshop ini di isi oleh narasumber dari TIM Wardah dengan materi berupa cara merawat kulit agar senantiasa sehat serta praktik cara menggunakan skin care yang benar agar tidak merusak kulit

Adapun penerbit yang berpartisipasi dalam bazar ini adalah Republika, Luxima, Syamil Qur’an, Gema Insani, A Insani, Aqwam, Tiga Serangkai, Mediakita, Gagas Media, Media Pustaka, Bukune, dan Qultum Media.

Santri-santri sangat antusias dengan diadakannya bazzar buku, hal ini terlihat dari ramainya santri membeli dan mengunjungi stand buku, mereka tak mau juga melewatkan untuk mengoleksi karya-karya best seller dari beberapa penulis kenamaan seperti Tere Liye, Habiburrahman El Shirazy, Fiersa Besari, Asma Nadia dan penulis lainnya yang tersedia di bazzar buku.

Hal ini sangat mendukung apa yang dikatakan oleh Tan Malaka “Selama toko buku ada, selama itu pustaka bisa dibentuk kembali. Kalau perlu dan memang perlu, pakaian dan makanan dikurangi”.

Kegiatan dalam PIKSA ini diharapkan agar budaya literasi dipesantren, kreativitas dan potensi santri terus meningkat dan berkembang.

Qisty Hans