“Diriwayatkan dari Jabir bin ‘Abdillah radhiallahu ‘anhu bahwasanya dia berkata, “Saya menghadiri shalat idul-Adha bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di mushalla (tanah lapang). Setelah beliau berkhutbah, beliau turun dari mimbarnya dan didatangkan kepadanya seekor kambing. Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyembelihnya dengan tangannya, sambil mengatakan: Dengan nama Allah. Allah Maha Besar. Kambing ini dariku dan dari orang-orang yang belum menyembelih di kalangan umatku” (HR.Imam Ahmad).

Dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad diatas menjelaskan kepada kita akan sebuah penyambutan bulan suci Dzulhijjah atau sering dikenal juga bulan haji dimana seluruh umat Muslim didunia berkumpul disatu tempat suci yaitu Makkah guna menyempurnakan rukun Islam yang kelima, yaitu ibadah haji. Kemudian ada juga penyembelihan hewan kurban sebagai rasa syukur atas nikmat yang telah Allah berikan.

Adapun beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh Pesantren yang telah kami rangkum dalam serba serbi Pesantren ketika Hari Raya Idul Adha :

  1. Lomba-lomba, kegiatan ini menjadi sebuah hal yang begitu dinikmati oleh para santri khususnya, dimana mereka dapat berkontribusi bagi kelompoknya dalam meraih kemenangan. Banyak sekali perlombaan yang dilombakan dimulai dari lomba hias kamar semalam sebelum salat Idul Adha yang dilanjut setelahnya dengan lomba puisi, sing song, cerpen, serta lomba ketangkasan dan tak lupa juga lomba memasak.
  2. Belajar kepanitian, walau bagaimana pun masyarakat adalah tujuan dalam Pendidikan santri, yang hal tersebut untuk saat ini dapat diaplikasikan dengan belajar menjadi panitia,belajar mengatur sebuah kegiatan.Mulai dari pemeliharaan serta pemotongan hewan kurban, persiapan salat id, dan juga lomba-lomba, dan pendistribusian daging kurban. Sebagai latihan sebelum pulang kedaerahnya masing-masing
  3. Belajar berkurban, tidak cukup hanya mengajarkan para santri untuk mendermakan hartanya untuk berkurban, tetapi para santri juga diajarkan untuk praktek langsung penyembelihan hewan kurban.
  4. Pesantren layaknya tempat rekreasi, momet Idul Adha merupakan hal spesial bagi wali santri untuk berjumpa dan berkumpul dengan anaknya dipesantren. Terlebih bagi santri baru yang sebelumnya masih berkumpul dengan keluarga di Hari Raya kurban kini sudah tidak bisa lagi.

Semoga di Hari Raya Idul Adha kita semua bisa lebih baik dan meningkat dalam beribadah kepada Allah Swt. Dan selalu diberikan keistiqomahan dalam menjalankan ibadah yang di perintahkan-Nya.