Semarak Kemeriahan PERKHUTSY Dan LP3 Ke-33 Pondok Pesantren Darunnajah

Semarak Kemeriahan PERKHUTSY Dan LP3 Ke-33 Pondok Pesantren Darunnajah

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram

Perkhutsy (Perkemahan Khutbatul Arsy ) dan LP3 ke-33 Pondok Pesantren Darunnajah, acara tahunan yang dipanitiai oleh para santriwan dan santriwati kelas 5 TMI Darunnajah. Yang dilaksankan pada tanggal 6 November 2021 bertepatan dengan 1 Robiul Akhir 1443 H.

Loading...

Upacara pembukaan Perkhutsy yang diikuti oleh seluruh santriwan dan santriwati dari kelas 1-6 TMI Darunnajah, dan juga dihadiri oleh para guru pengajar TMI Darunnajah. Pada Perkhutsy kali ini, Darunnajah kedatangan tamu besar dari Al Azhar University, Kwarcab pramuka Jakarta Selatan dan Kwartir pramuka Jakarta Selatan.

Dimasa pandemi seperti ini protokol kesehatan dan 5M tetap diterapkan demi memutus penyebaran virus covid-19.

Apa itu Perkhutsy?

Perkhutsy atau Perkemahan Khutbatul Arsy yaitu  lomba prestasi penggalang penegak yang diikuti oleh para santriwan dan santriwati Pondok Pesantren Darunnajah. Santriwan dan santriwati akan diseleksi terlebih dahulu sebelum mengikuti acara perkhutsy, nantinya para santri yang terpilih akan mengikuti segenap kegiatan yang telah diatur oleh para panitia.

Diawali dengan dibentuknya kavling( kelompok) persetiap gudepnya yang terdiri dari 10 anggota penggalang ataupun penegak, kemudian akan ditentukan tempat-tempat tertentu untuk berkemah. Disanalah para santri akan belomba-lomba untuk menjadi kavling yang terbaik dintara kavling lainnya.

Adanya perkhutsy bertujuan untuk memberi pengalaman semua santriwan dan santriwati dalam bidang kepramukaan, yang nantinya berkemungkinan akan bermanfaat dikehidupan bermasyarakat.

Di perkhutsy itu ngapain aja sih?

Di perkhutsy itu santriwan dan santriwati melakukan lomba-lomba sebagai salah satu bentuk keseruan dan kreatifitas, lomba-lomba itu pula merupakan ciptaan para santriwan dan santriwati bagian panitia melalui kreativitas mereka sendiri.

Penampilan pasukan penggalang putra
Loading...

Contoh- contoh lomba tersebut yaitu:

  • Wide game

Dalam game ini para peserta akan melalui tempat-tempat yang telah ditentukan oleh para panitia, pada setiap tempat tersebut terdapat rintangan tersendiri yang harus dilalaui oleh para peserta tingkat penggalang pramuka.

  • Mamasuka ajinamoto

Lomba ini merupakan semacam lomba memasak yang diciptakan sendiri oleh para panitia dengan kreativitas mereka, lomba ini diikuti oleh tingkat penegak pramuka.

  • Fashion scout style

Lomba fashion style antar kavling( kelompok) yang tentu saja tetap mencakup unsur kepramukaan. Nantinya setiap kavling akan memilih satu anggotanya untuk didandani, kemudian kavling dengan fashion terkreatif akan menjadi pemenang.

  • Bisik-bisik tetangga

Cara mainnya kakak panitia akan membisikkan sebuah kata ke setiap perwakilan perkavling yang maju kedepan, lalu setiap perwakilan akan membisikin ke anggotanya hingga anggota yang terakhir, selanjutnya anggota paling terakhir akan menebak kata tersebut.

  • Swallow High Heels

Game ini adalah game menghias sendal, dimana perwakilan 2 orang setiap kavlingnya akan menghias high heels itu.

Bagaimana seru-seru bukan?! kreatifitas para santri memang patut diancungi jempol, banyak sekali yang mereka ciptakan. Selain lomba-lomba yang cukup menyenangkan ada pula kegiatan pemeriah perkhutsy yaitu:

                                              Qiyyamul layil
  1. Qiyamul lail
  2. Api unggun
  3. Nyanyi-nyanyi bersama

Dan tentunya banyak lagi keseruan lainnya. Setelah santri berkemah dan melakukan lomba-lomba selama 3 hari 2 malam, sudah saatnya acara ini berakhir.

Pada hari senin tanggal 8 November 2021 Masehi yang bertepatan pada 3 Robiul Akhir 1443 Hijriyah dilaksanakannya penutupan acara Perkhutsy LP3 Ke-33, dan juga pembagian penghargaan bagi santri yang berprestasi. Ini adalah akhir dari Perkhutsy kali ini, sudah saatnya kita ucapkan selamat tinggal dan akan bertemu kembali pada acara Perkhutsy selanjutnya.

“Walau raga bisa menua tapi jiwa kami akan tetap muda”

(DN.COM/Persputri2021)

 

 

 

Loading...

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah