Menu

Seleksi MHQ Nasional dan ASEAN ke-5 Wilayah Jatim 1 Sukses

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Pondok Pesantren Darunnajah, bekerjasama dengan Pondok Modern Al-Amanah, Junwangi, Sidoarjo, Jawa Timur sukses mengadakan seleksi Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ)  ke-5 untuk wilayah Jawa Timur 1, pada tanggal 2-3 Agustus 2019.

Wilayah yang dimaksud meliputi Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Tuban, Malang, Batu, Jombang, Kediri, Nganjuk, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Ponorogo, Pacitan, Ngawi, Madiun, Magetan, serta pulau Madura.

Total 161 orang mendaftarkan diri untuk berpartisipasi dalam acara tahunan ini. Terdiri dari berbagai kategori, yaitu 5 juz, 10 juz, 15 juz, 20 juz, 25 juz, serta 30 juz.

Hakim atau juri pada seleksi MHQ kali ini diketuai oleh Ustadz H. Masrur Ikhwan, SQ.,MA Al-Hafidz sebagai hakim nasional dan dibantu dengan 8 hakim wilayah yang kesemuanya merupakan para pengajar dan penghafal al-Qur’an. Mereka adalah Ustadz M. Ilman Nafi Al-Hafidz, Ustadz Ahmadun Marzuki Al-Hafidz, Ustadz M. Ikhwan, S.Kom Al-Hafidz, Ustadz Abu Umar, S.Pd Al-Hafidz, Ustadz M. Munif Mushonnif, S.Pd Al-Hafidz, Ustadz Zidni Yushro, S.Th.I Al-Hafidz, Ustadzah Fatimah Nurul K, Lc Al-Hafidzah, Ustadzah Eva Rosyidana, S.Pd Al-Hafidzah.

Upacara pembukaan dipimpin langsung oleh Pengasuh Pesantren Modern al-Amanah Junwangi Sidoarjo yakni KH Nurcholis Misbah dan dihadiri oleh seluruh pimpinan lembaga dibawah naungan pesantren modern Al-Amanah Junwangi, tak ketinggalan utusan panitia pusat Ustadz H. Abdillah, S.Ag.,M.Pd turut hadir dalam grand opening yang dimeriahkan oleh perform Musik Angklung JOGJA  yang menghibur dan mengusir ketegangan para peserta.

Tidak seperti ditempat lain, di Al-Amanah upacara pembukaan dilaksanakan dibawah rerimbunan pohon bambu (barongan) yang bersih indah dan tertata rapi, sehingga memunculkan kesan alami.

Kegiatan diawali pada Jum’at, 2 Agustus 2019 dengan kegiatan verifikasi berkas dan juga technical meeting guna penjelasan teknis berkaitan dengan pelaksanaan seleksi. Pada hari Sabtu, 3 Agustus 2019 diadakan registrasi ulang dan pemberian ID card peserta. Seleksi MHQ dibuka oleh Pengasuh pesantren KH. Nurcholis Misbah dengan seremonial pemukulan gong yang menandakan acara sudah resmi dimulai.

Seleksi MHQ dibagi menjadi 3 ruangan dan masing-masing ruangan dengan 3 orang dewan hakim yang siap memberikan pertanyaan danpenilaian padaseluruh peserta.

Tepat jam 08:30 WIB kegiatan seleksi dimulai. Peserta putri tampil terlebih dahulu dikarenakan jumlah peserta yang lebih banyak dari peserta putra. Hingga pukul 19:00 WIB kegiatan seleksi berakhir dan diadakan seremonial penutupan dan pembagian hadiah pada pukul 20:30 WIB.

Setelah menunggu beberapa saat, dibacakanlah hasil sidang pleno para dewan hakim yang dipimpin langsung oleh hakim nasional. Para pemenang mendapatkan piala, sertifikat juara, buku karangan pengasuh pesantren KH. Nurcholis Misbah dan juga uang pembinaan.

Bagi juara 1 dari setiap kategori berhak mengikuti MHQ ke-5 tingkat ASEAN yang akan diselenggarakan di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta pada bulan Oktober 2019.

(dn.com/adam)

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang Banten

Pengalaman Adalah Guru Terbaik Dalam Kehidupan

Pamulang- Santriwati Darunnajah 9 tingkat Aliyah, ikut berpartisipasi dalam acara Pagelaran Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah Aliyah (AKSIOMA). Kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah MAN