Menu

Sebab Doa Tak Kunjung Terkabul

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Di kisahkan bahwa sdoa1uatu hari Ibrahim Bin Adham melintas di Pasar Bashrah, lalu orang-orang mengerumuninya seraya berkata “wahai Abu Ishaq, apa sebab kami selalu berdo’a namun tidak pernah dikabulkan?”. Ia menjawab ” karena hati kalian telah mati oleh 10 hal”. Apa saja 10 hal tersebut? Berikut uraiannya :

1. Kalian mengenal Allah tetapi tidak menunaikannya

Mengenal dzat_Nya, ciptaan_Nya juga segala perintah-perintah dan larangan_Nya, tetapi mengabaikannya, padahal dari awal Allah SWT sudah menjelaskan tujuan penciptaan manusia dan Jin, “dan Aku tidak menciptakan Jin dan Manusia kecuali untuk beribadah kepada Ku”, pengertian ibadah di sini tidak hanya ibadah dalam arti khusus tetapi juga ibadah dalam arti umum.

2. Kalian mengaku cinta Rasulullah tapi meninggalkan Sunnahnya

Ini juga fenomena manusia abad ini, mengaku cinta Rasulullah tapi satu persatu segala ucapan-ketetapan-sikap-kebiasaan Nabi Muhammad selaku Rasulillah ditinggalkan .

3. Kalian membaca al-qur’an tapi tidak mengamalkannya

Pada saat ini al-qur’an tidak lebih sebagai bacaan dan penghias rumah, padahal di zaman Rasulullah dan para Sahabat juga tabi’in, Alqur’an adalah sumber rujukan utama ummat Islam selain Hadits dalam segala bidang kehidupan.

4. Kalian memakan ni’mat Allah tapi tidak mensyukurinya

Di dalam salah satu surat-Nya Allah sudah menjanjikan bahwa akan dilakukan penambahan ni’mat bagi siapapun yang mau bersyukur atas ni’mat-Nya, saying manusia seperti tidak yakin dengan janji-Nya.

5. Mengatakan syaitan itu adalah musuh tapi senang mengikuti bisikannya

Inilah juga yang tidak disadari oleh manusia, tahu betul dengan eksistensi syaitan di sekitar manusia namun seperti larut dan lebur dalam ajakannya yang justru membawa manusia pada kehancuran dan kerugian.

6. Mengatakan surga itu adalah hak, tapi tidak pernah beramal untuk menggapainya

Manusia mempercayai adanya surga sebagai balasan bagi hamba-hamba-Nya yang taqwa, tapi kebanyakan manusia enggan menginvestasikan jiwa raganya untuk meraihnya.

7. Kalian katakan bahwa neraka itu hak, tapi tidak mau lari darinya

Begitu halnya dengan neraka, sebagai tempat bagi manusia yang mengikuti jalan syaitan dan nafsunya, yang juga manusia yakini adanya, tapi seperti berat dan tidak mudah menghindar darinya.

8. Kalian katakan bahwa kematian itu adalah hak tapi tidak menyiapkan diri untuknya

Semua manusia meyakini kematian akan terjadi tapi masih tarik ulur dan menawar-nawar atas persiapan yang harus ditempuh.

9. Kalian bangun dari tidur lantas sibuk memperbincangkan aib orang lain tapi lupa dengan aib sendiri

Inilah dosa yang paling tidak terasa oleh kebanyakan manusia, asyik berjibaku dengan aib orang lain hingga aib sendiri tak terlihat.

10. Kalian kubur orang-orang yang meninggal di kalangan kalian tetapi tidak pernah mengambil pelajaran dari mereka.

Amal baikah yang hanya manusia bawa ke akhirat, bahkan orang-orag yang mengantarkan jenazahpun tidak bnyak yang berpikir bahwa manusia yang sudah mati untuk menuju kuburnya saja harus diantar, digalikan dan dikuburkan oleh orang yang hidup.

 

Disampaikan dalam Majlis Ta’lim Shubuh 03-03-2013 di Masjdi Jami’ putri Darunnajah 2 Cipining Bogor oleh Ustadzah Ela Hulasoh, S.Sos.

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Informasi Perubahan Kalender Pendidikan Tahun 2019-2020 Kelas 3 TMI Darunnajah Jakarta

Perihal  : Informasi Perubahan Kalender Pendidikan  Tahun 2019/2020                                  31 Maret 2020                                                                 Yang terhormat, Bapak/Ibu Orang Tua Santri Kelas III