Santri/Santriwati Darunnajah Semarakkan Festival Tahun Baru Hijriyah, 1 Muharram 1434 H
Menu

Santri/Santriwati Darunnajah Semarakkan Festival Tahun Baru Hijriyah, 1 Muharram 1434 H

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Langit hari ini masih terlihat basah, sejak hujan yang turun sejak 1 jam yang lalu. Bel untuk menunaikan sholat maghrib pun sudah terdengar di telinga sluruh santriwati Darunnajah, kami bergegas mengambil mukenah, sajadah, kemudian menuju kamar mand

i untuk mengambil air wudhu.

Tepat pukul 16.15 sore, kami sudah rapi pada shof /barisan sholat masing-masing dengan al-qur’an di tangan kami. Saat itu kakak-kakak pengurus Bag.Peribadahan membagikan selembar kertas bertuliskan “Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun Hijriyah” yaa….benar saja besok adalah tahun baru Hijriyah, 1 Muharram 1434 H. Besok para santri/santriwati libur sekolah, dan akan mengikuti segenap perlombaan untuk menyemarakkan tahun baru Hijriyah ini.

Matahari makin tenggelam, pertanda bahwa waktu sholat maghrib akan segera tiba. Usth. Binti Alifatin selaku pembimbing Bag. Peribadahan maju kedepan, untuk membimbing kami membaca do’a akhir tahun yang dibaca sebelum maghrib, dan do’a awal tahun yang dibaca setelah sholat maghrib. Dengan khusyuk beliau membimbing kami berdo’a agar segala dosa-dosa kami di tahun lalu di ampuni oleh Allah SWT dan kami akan menjadi lebih baik ditahun mendatang. Amien……

Adzan maghrib berkumandang, kami para santriwati menjawab adzan dengan khusyuk berharap pada pergantian tahun ini diri kami akan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Sholat maghrib pun kami tunaikan dengan khusyuk. Setelah itu Usth Binti Alifatin kembali maju kedepan untuk membimbing kami membaca do’a awal tahun.

1 Muharram 1434 H ,,,

Merupakan tahun baru untuk seluruh umat islam di seluruh belahan bumi ini. Jika orang nasrani menggambarkan tahun baru dengan meniup terompet, menyalakan kembang api, atau mengadakan konser-konser besar. Lain halnya dengan umat islam, kami lebih cenderung melakukan amalan-amalan sunnah untuk mendekatkan diri kepada sang Khalik Allah SWT. Mengadakan pengajian di masjid-masjid, mendengarkan ceramah agama tentang tahun baru hijriyah 1 Muharram, berpuasa di bulan muharram dll.

Tak ketinggalan juga, kami para santri/santriwati Darunnajah Cipining. Tentunya ini adalah satu moment terpenting yang patut kami isi dengan berbagai macam kegiatan bermanfaat. Pondok kami tercinta mengadakan berbagai macam lomba untuk turut menyemarakkan tahun baru Muharram 1434 H. Tentunya lomba-lomba seperti ini, kami sambut dengan sangat antusias apalagi mengingat ini adalah moment penting untuk menyambut tahun baru islam.

Lomba Pidato 3 bahasa, lomba Adzan, lomba cerdas cermat, dengan peserta yang terdiri dari santri Mts, MA, SMP, dan SMK. Semangat mereka makin menggebu-gebu karena setiap orang diantara kami menginginkan untuk menjadi juara. Lain putra lain juga putri, santriwati putri tak kalah semangat dan antusias menyambut lomba hari ini. Lomba Pidato 3 bahasa, Lomba Qiro’ah, Lomba Cerdas Cermat mereka ikuti dengan sangat antusias.

Begitulah kami para santri/santriwati Darunnajah dalam menyambut dan menyemarakkan tahun baru islam 1 Muharram 1434 H, kami selalu ingin menunjukkan yang terbaik untuk pondok kami tercinta. Selain kami menyambut dengan berbagai macam lomba, kami juga di ingatkan oleh bapak kyai untuk berpuasa di bulan Muharram pada tanggal 9-10 Muharram.

Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang berpuasa pada bulan Muharram, maka Allah mengampuni dosa-dosanya yang telah lampau dan 1 tahun yang akan datang”

Rasulullah SAW bersabda: “Puasa yang paling utama setelah bulan ramadhan adalah puasa dibulan Muharram”

Beginilah cara kami santri/santriwati Darunnajah dalam menyemarakkan dan menyambut datangnya tahun baru islam 1434 H. kami bersama-sama berlomba, dalam kebaikan untuk menuju sebuah kemenangan dan ridho Ilahi Rabbi Allah SWT.

(Ajeng)

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

HASIL TES SELEKSI MASUK GELOMBANG KETIGA DARUNNAJAH JAKARTA

بسم الله الرحمن الرحيم SURAT KEPUTUSAN 67.A/PPSB-TMI/DN/VI/2020 TENTANG HASIL TES SELEKSI MASUK GELOMBANG KETIGA TARBIYATUL MUALLIMIN/AT AL-ISLAMIYAH (TMI) PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH TAHUN AJARAN 2020-2021