Menu

SANTRI HARUS PEDULI DAN ANTISIPASI FLU BABI!

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Derasnya arus informasi seakan tanpa berhenti, termasuk yang terkait dengan virus flu Babi (H1N1). Bahkan suka atau tidak suka, isu tersebut secara sengaja maupun tidak dikait-kaitkan dengan dunia lembaga pendidikan Islam tertua di negeri ini, pesantren. Sehingga tidak berelebihan jika salah-seorang pimpinan pesantren terkenal di Jakarta, mengungkapkan kegundahannya di dalam sebuah progam live di TV One beberapa waktu lalu. “Pesantren kini sedang diserang dengan dua isu yang ramai dibicarakan masyarakat, yaitu isu teroris dan flu Babi!” ungkap KH. Nur Iskandar, S.Q.

dr. Esa Imanuddin sedang menjelaskan abcd Flu Babi (Swine Flu).
dr. Esa Imanuddin sedang menjelaskan abcd Flu Babi (Swine Flu).

Pondok Pesantren Darunnajah Cipining yang terletak jauh dari perkotaan tidak mau ketinggalan dalam dunia informasi, termasuk yang sedang jadi buah bibir, Swine Flu yang menghebohkan tersebut. Tepatnya seusai sholat Jum’at, 07 Agustus 2009 bertempat di Masjid Jami’ Darunnajah, segenap dewan guru dan santri serta beberapa wali santri yang sedang berkunjung ke pesantren tampak khusu’ menyimak penjelasan dari dr. Esa Imanuddin.

Ust. Muhlisin Ibnu Muhtarom (Mr. MIM) bertanya tentang kaitan Flu babi dengan Perubahan Iklim?
Ust. Muhlisin Ibnu Muhtarom (Mr. MIM) bertanya tentang kaitan Flu Babi dengan Perubahan Iklim?

Di awal pertemuan, pimpinan pesantren KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc memnyampaikan pentingnya pengarahan tentang Flu Babi ini. “Akhir-akhir ini kita dikehutkan dengan maraknya pemberitaan Flu Babi, yang katanya terjadi di Pesantren-Pesantren. Ada apa ini sebenarnya?, untuk itu pada siang ini kita perlu mengetahui ihwal Flu Babi tersebut, yang akan disampaikan oleh dokter kita yang memang berwenang untuk menjelaskan!’.

Selanjutnya selama 40 menit, dokter yang sudah bertugas lebih dari 10 tahun tersebut banyak menguraikan asal-muasal, gejala, cara penularan dan antisipasi serta tindakan pengobatan Flu Babi. “Jika ada di antara kita yang terkena gejala-gejala flu pada umumnya seperti; batuk, tenggorokan gatal, suhu panas badan yang melebihi standar normal, malas makan maka kemungkinan menjadi suspect Flu Babi disebabkan oleh dua hal; pernah pergi ke daerah yang terjangkit Flu Babia tau pernah berinteraksi dengan orang yang sudah positif terkena Flu Babi itu!”.

hari Wijaya (Santri Kelas VI TMI/XII MA) sedang bertanya bahaya dan cara penularan Flu Babi?
hari Wijaya (Santri Kelas VI TMI/XII MA) sedang bertanya bahaya dan cara penularan Flu Babi?

Lebih lanjut, dr. Esa menganjurkan segenap warga pesantren untuk lebih memperhatikan kesehatan badan, kandungan vitamin dan gizi dari makanan yang dikonsumsi serta kebiasaan baik seperti cuci tangan dan menutup mulut ketika Batuk. Bagi yang sedang sakit Flu disarankan juga agar menggunakan Masker, sehingga tidak menular kepada yang lain. Karena penyakit Flu pada umumnya mudah menular. Beliau juga menjelaskan agar kita tidak terlalu takut dan khawatir dengan isu Flu Babi tersebut, karena di samping tingkat kematiannya yang sangat rendah disbanding dengan Flu Burung, keberadaan kita juga jauh dari daerah pandemic dan ternak Binatang Haram tersebut.

Dalam forum tersebut juga dibuka kesempatan sesi pertanyaan. Ustadz Muhlisin mendapat kesempatan pertama untuk menanyakan 3 hal yang terkait dengan Flu Babi dan Perubahan Musim Pancaroba, adapun dari santri, Hari Wijaya bertanya tentang perkembangan Flu Babi yang menresahkan tersebut walaupun tidak terlau berbahaya dan bisa semnug sendiri. Maha Benar Allah yang telah menharamkan kita mengonsumsi Babi dalam segala variasinya!.

Para santri tampak lebih'Pe De' setelah mendapat penjelasan tentang Flu Babi.
Para santri tampak lebih 'Pe De' setelah mendapat penjelasan tentang Flu Babi.

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Putri Al-Manshur Darunnajah 3 Serang Banten

Praktek Manasik Haji

Serang, (18/02/20) seluruh santriwati kelas 3 Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah melaksanakan kegiatan Praktek Manasik Haji. Kegiatan Praktek Manasik Haji adalah salah satu materi dalam

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

STAI Darunnajah Gelar Lomba Dakwah Haji Se-Jabodetabek,

STAI Darunnajah Jakarta akan menggelar Lomba Dakwah Haji se-Jabodetabek pada tanggal 7 Maret 2020. Dalam menggelar acara ini, STAI Darunnajah bekerjasama dengan Forum Komunikasi Alumni