Cidokom – dilansir dari kemenag.go.id Kota Tasikmalaya menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan perdana Kemah Dakwah Santri Muadalah (KDSM) ke-1 Tingkat Provinsi Jawa Barat pada 22 s/d 26 September 2019. Kegiatan ini diikuti 11 Ponpes Muadalah yang ada di Jawa Barat. Masing-masing ponpes mengirimkan 10 santri putra dan 10 santri putri. Sebagai orang nomor satu di Kementerian Agama Kota Tasikmalaya, H HIlmy Riva’i langsung hadir dalam kegiatan Pembukaan.

Kegiatan dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. Menurut Uu, KDSM penting sebagai ajang silaturahim dan komunikasi di antara sesama ponpes. Selain itu, kegiatan kemah juga sebagai sarana evaluasi Pesantren Muadalah. Program Muadalah dalam sistem Pendidikan Pondok Pesantren merupakan bentuk penyetaraan ponpes dengan sistem pendidikan formal lainnya.

begitupun dengan santri putri yang diatur oleh bagian kepramukaan. Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar tanpa kendali yang berarti, dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat menjalin tali silahturahmi antar pesantren dan saling bertukar informasi tentang satuan pendidikan muadalah dan yang berkaitan dengan itu semua.