Search
Close this search box.
blank

Sangat Mengispirasi, Alumni TMI Darunnajah 2 Cipining Ini Berdakwah Lewat Seni Bela Diri

Sangat Mengispirasi, Alumni TMI Darunnajah 2 Cipining Ini Berdakwah Lewat Seni Bela Diri

blank

Sebuah kebahagian mendapat informasi alumni Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor aktif berdakwah islamiyah via seni bela diri.

blank

Sosok inspiratif tersebut adalah Ustadz Muhammad Arsyad, alumni Tarbiyatul Mu’allimin all Islamiyah (TMI) Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor angkatan IX tahun 2002.

Dalam momentum Ramadhan mulia ini, Arsyad kembali berbagi inspirasi dan motivasi dalam program SABAR (Sahur Seru Bareng) di stasiun televisi nasional TV One. Beberapa bulan lalu, aktifitasnya sebagai Guru Ngaji & Guru Silat juga pernah ditayangkan di stasiun tersebut dalam program Jalan Syi’ar.

Arsyad sangat aktif dalam dunia seni bela diri. Ia berhasil menjuari beberapa lomba dari tingkat daerah hingga nasional. Bahkan, ia pernah menjadi delegasi Indonesia dan menjadi Juara 3 Asean University Hanoy Vietnam pada 26 Juli – 3 Agustus 2006. Ia dan kelima saudaranya pesantren di Darunnajah 2 Cipining. Informasi lebih lengkapnya bisa dibaca dalam buku ‘Sabilun Najihin, Senarai Inspirasi & Motivasi Sang Kiai Jalan Sukses Pendidikan Islami’, tepatnya pada bab Diorama Asa Di Manca Negara, halaman 386-387.

blank

Fakta ini mengingatkan kita akan nasehat Nabiyullaah Ya’qub AS kepada putra-putranya ‘agar jangan masuk (Mesir) dari satu pintu tetapi masuklah dari berbagai pintu’. Refleksi dan inspirasi dari ayat tersebut, dalam diksi dunia pesantren modern, sering digaungkan dengan istilah berdakwah di segala bidang.
{ وَقَالَ یَـٰبَنِیَّ لَا تَدۡخُلُوا۟ مِنۢ بَابࣲ وَ ٰ⁠حِدࣲ وَٱدۡخُلُوا۟ مِنۡ أَبۡوَ ٰ⁠بࣲ مُّتَفَرِّقَةࣲۖ وَمَاۤ أُغۡنِی عَنكُم مِّنَ ٱللَّهِ مِن شَیۡءٍۖ إِنِ ٱلۡحُكۡمُ إِلَّا لِلَّهِۖ عَلَیۡهِ تَوَكَّلۡتُۖ وَعَلَیۡهِ فَلۡیَتَوَكَّلِ ٱلۡمُتَوَكِّلُونَ }
[Surat Yusuf: 67]

Dakwah islamiyah maksudnya mengajak manusia berfikir dan berperilaku secara islami sesuai ajaran Nabi dalam rangka mengharap ridha ilahi Rabbi. Karena dua syarat diterimamya amal sholeh adalah ikhlash lillaahi ta’alaa dan ittibaa’u sunnati Rasulillaah SAW.

Media dan metode dakwah sangatlah bervariasi. Tidak melulu harus dengan ceramah dan atau khutbah. Ceramah dan atau Khutbah merupakan salah-satu metode dakwah, bukan satu-satunya.

Bahkan, seringkali, dakwah melalui contoh nyata lebih mengena dan berdaya guna (baca: positif efektif produktif konstruktif) daripada kepandaian beretorika semata. Ia tidak hanya memberi contoh namun juga menjadi contoh. Teladan beneran.

لسان الحال أفصح من لسان المقال

Dalam prakteknya, Arsyad mengondisikan para atlit binaannya yang sekaligus menjadi ‘santri’nya untuk mengawali sesi latihan dengan Sholat dan mengaji Al Qur’an. Program wajib itu berdurasi sekira 30 menit menjelang sesi warming up, latihan inti hingga cooling down. Pantaslah jika kemudian anak-anak binaannya berhasil membawa kontingen DKI Jakarta sebagai juara pertama sebuah even lomba tingkat nasional. “Dengan Imam dan Akhlak Saya Menjadi Kuat, Tanpa Iman dan Akhlak Saya Menjadi Lemah!”, begitu semboyan mereka.

Walhasil, semua orang Muslim berkewajiban dakwah islamiyah sesuai kapasitas, kapabilitas serta probabilitas masing-masing. Kalaupun tidak mengislamkan non Muslim karena memang dari 7 milyar populasi penduduk bumi ini, baru ‘hanya’ 2 milyar yang sudah tercerahkan menjadi Muslim. Setidaknya, semakin mengislamkan orang Muslim, Islamisasi Muslim, yakni menjadikan orang Muslim semakin dekat dan taat dengan ajaran Islam. Kalaupun belum kepada Muslim lainnya, minimal kepada diri sendiri harus berazam kuat semakin islami. Ibda’ binafsika takun musliman multaziman!.

blank

Semoga setiap perkataan dan tindakan pribadi Muslim mencerminkan nilai-nilai Islam. Dengan demikian, setiap kita berpotensi mendapat kebahagiaan serta keuntungan nan luar biasa, sebagaimana disabdakan oleh Rasulullaah Muhammad SAW yg artinya ‘Sungguh Demi Allah, ketika Allah SWT memberikan hidayah kepada seseorang karena perantaraanmu, hal itu lebih dahsyat daripada mendapatkan seekor Onta Merah!’.

Yaa Rabb, pantaskan dan pilihlah kami jadi asbab hidayah islamiyah ke seluruh alam hingga hari qiyamat, Aaamiiin. (WARDAN/ Mr.MiM).

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah