Rizqi Semua Makhluk Ditentukan Oleh Allah SWT

blank

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
Ternak Kambing Domba Pesantren Darunnajah Cipining Di Kaki Bukit Gunung Bunder
Ternak Kambing Domba Pesantren Darunnajah Cipining Di Kaki Bukit Gunung Bunder

Syaikhul Ustadz Imam Ahmad, menceritakan: “Nabi Muhammad SAW. Telah menikahi seseorang perempuan dan memboyongnya kerumah, serta menyelengarakan seuatu walimah (resepsi). Beliau mengumpulkan para shabat di rumahnya. Adapun hidangan yang tersedia adalah Gandum yang sangat cair, dikarenakan airnya banyak, sedangkan gandumnya sedikit. Maka para shabat berbincang-bincang, sedangkan Rasullah SAW. mengerjakan sholat sunnah.

Ketika selesai sholat beliau bersabda: “Berbincang-bincang tentang apakah kamu sekalian?”

Para shaba tmenjawab; “Tentang Rizki”

Rasullah SAW. bersabda: “Jibril telah memberitahu kepada saya bahwa nabi Sulaiaman As. Mengerjakan sholat di pinggir Laut, dan Dia melihat seekor Semut berjalan, sambil membawa selembar Daun yang masih hijau, digigit dengan mulutnya dan Semut tersebut berteriak-teriak ditepi pantai. Kemudian dating seekor Katak dan membawa semut itu menyelam kedalam laut.
Beberapa menit kemudian Semut itupun merapung diatas air laut, dan dating nabi Sulaiman As.

Kata nabi Sulaiaman As.: “Ceritakan apa yang terjadi kepadaku!”

Kata Semut: “Didasar laut ini terdapat sebuah batu besar yang tuli dan didalam batu tersebut ada seekor Ulat yang rizkinya diberikan oleh Allah SWT dengan perantaraan saya. Maka setiap hari saya dating dua kali dengan membawa apa-apa yang dirizqikan Allah SWT. kepadanya.

Di Laut ini Allah telah menciptakan satu Malaikat untuk saya yang berbentuk Katak dan dialah yang membawa saya menyelam kedasar laut dan meletakkan saya diatas batu basar. Kemudian batu itupun pecah/terbuka sehingga Ulat keluar dari Batu itu, sehingga saya memberikan apa-apa yang Allah SWT. rizqikan kepada si Ulat.

Kisah diatas memberikan pelajaran kepada kita. Bahwa sesunggunya Allah SWT. maha mengetahui dan maha memberi rizqi apa apa yang mereka rahasiakan dan apa apa yang merka tampakkan, dan Dia juga Maha mengetahui semua makhluknya dan mengetahui pula semua kepentingannya termasuk rizqinya.

Firman Allah dalam Al-qur’an Surat Hud, Ayat 6:

وَمَا مِن دَآبَّةٖ فِي ٱلۡأَرۡضِ إِلَّا عَلَى ٱللَّهِ رِزۡقُهَا وَيَعۡلَمُ مُسۡتَقَرَّهَا وَمُسۡتَوۡدَعَهَاۚ كُلّٞ فِي كِتَٰبٖ مُّبِينٖ ٦

Artinya:
Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh)

Sumber:
1.Durratun Nasihin (UsmanAlhaibawi)
2.Tafsir Jalalain (Imam Jalaluddin Al-Mahalli & Imam
Jalaluddin As-Sayuti)

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
TK Darunnajah Jakarta

Pentingnya Ilmu

Ilmu adalah cahaya yang menyinari disaat gelap menerpa. begitu pentingnya ilmu sampai ungkapan sahabat yang mengatakan ” JIka kamu menginginkan kebahagian dunia tuntulah ilmu, jika