Santri SMK Pesantren Darunnajah Cipining sebanyak 49 orang (21 putra dan 28 putri), (21-30/12) adakan kegiatan riset pendidikan.

Masjid Darunnajah Cipining

Masjid Darunnajah Cipining


Kegiatan riset dimaksudkan untuk mengetahui secara dasar, “peranan alumni SMK di dunia kerja dan sosial kemasyarakatan.”
Respondennya adalah mereka yang telah menamatkan SMK Darunnajah Cipining yang menetap di daerah Jabodetabek.
Selain kegiatan ini untuk mengisi liburan semester, juga kegiatan ini sebagai bagian dari pelatihan dan pendidikan bagi mereka untuk kegiatannkeilmiahan, menganalisa output pendidikan.
Diketahui secara umum dari hasil penelitian sederhana ini, bahwa alumni SMK Darunnajah Cipining 90% nya sudah bekerja, baik itu secara mandiri atau di instansi-instansi. Sebagian ada yang melanjutkan ke perguruan tinggi, sambil bekerja. Dalam aktifitas sosial kemasyarakatan, mereka juga masih aktif mengikuti pengajian, majlis dan kegiatan sosial keagamaan yang diadakan oleh masyarakat.
Menurut Ustadz Mukmin, kegiatan ini adalah kegiatan kali kedua yang diadakan oleh SMK Darunnajah, dan tetap ada, mengingat riset adalah kegiatan edukatif yang mengajak santri untuk bergerak.
Harapan beliau, kegiatan ini tidak sekedar berhenti pada selesainya laporan lisan maupun tulisan, tapi ada tindak lanjutnya, khususnya terkait kebijakan pendidikan SMK Darunnajah ke depan.
Santri SMK yang meriset telah menyampaikan laporan secara lisan dengan menggunakan slide bertempat di Kampus dua dan asrama santri ciliki, Selasa (4/1/15). (WARDAN/Mr. Song)