SMK Darunnajah 2 Cipining kembali mengadakan riset untuk santri non asrama kelas 11.  Pembukaan dan pembekalan riset dilaksanakan di Aula Cikarang Lama Kampus 3 pada Sabtu (30/11/2019).

Model riset seperti apa sih yang dilaksanakan oleh para santri SMK ini ?

Sebelumnya mari kita simak dulu pengertian dari kata “riset” itu sendiri. Menurut Wikipedia Riset atau penelitian sering dideskripsikan sebagai suatu proses investigasi yang dilakukan dengan aktif, tekun, dan sistematis, yang bertujuan untuk menemukan, menginterpretasikan, dan merevisi fakta-fakta.

Secara hakiki kegiatan ini berupa penelitian untuk bisa menghasilkan validitas data yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

akan tetapi mengingat kegiatan ini diporsikan sebagai media pembelajaran bagi siswa-siswi tingkat lanjutan, siswa-siswi SMK Darunnajah 2 Cipining maka design domin kegiatan ini lebih kepada tinjauan lapangan.

Dan adapun batasan penelitian atau tinjauan lapangan pada tahun 2019 ini terdapat pada tinjaun lapangan terhadap “Status Sosial Kemasyarakatan dan Keagamaan Alumni Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Argapura Cigudeg Bogor Jawa Barat”

Adapun kegiatan tinjauan lapangan ini akan dilaksanakan pada 02 Desember s/d 15 Desember 2019. Riset akan dilakukan di daerah Jabodetabek.

Tujuan kegiatan ini dilaksanakan adalah untuk  meningkatkan mutu calon lulusan SMK Darunnajah 2 Cipining khususnya dalam bidang penelitian lapangan.

Dengan meriset kiprah seluruh alumni SMK Darunnajah Cipining ini, semoga menjadi penambah semangat para santri dalam menggambarkan ke arah mana nantinya mereka akan melangkah setelah lulus.

Sebanyak  58 siswa, 24 putra dan 34 putri akan ditugaskan dalam tugas riset periode 2019 ini,Sebelum terjun ke lapangan nantinya, tentu siswa-siswi kelas XI ini dibekali dulu beberapa pengetahuan dari para dewan guru.

Kegiatan riset SMK ini menjadi agenda rutin setiap tahunnya. Adapun tahun ini diketuai oleh Ust. Muhammad Sofwan Hadi ” kita sebagai panitia penyelenggara berharap kelancaran kegiatan ini, dan dapat menjadi wadah pendidikan bagi anak-anak. dan semoga tentu harapan kami yang lainnya kegiatan ini akan semakin bagus setiap tahunnya.” ujarnya pada sembutan ketua panitia di pembukaan pembekalan riset SMK.

 

(Wardan/iffa)