Menu

Revolusi Pendidikan Kuliah Hanya 5 Semester

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
wisudawan dan wisudawati 2015 STAI Darunnajah

Revolusi pendidikan di indonesia, Belakangan ini kita di kabarkan dengan   hal yang menyangkut tentang pendidikan di indonesia.  seperti yang kita ketahui bahwa Ujian Nasional adalah hal yang lazim atau salah satu unsur penting dalam pendidikan Ujian Nasional dianggap menjadi tolak ukur Kemampuan anak didik selama belajar 3 tahun di SMP ataupun SMA. Namun, mentri pendidikan kita yakni Nadiem Makrim memaparkan bahwa Ujian Nasional akan ditiadakan lagi.

Berita itu pun sudah meluas di kalangan masyarakat. Namun, masih hangat berita soal UN. kini mentri pendidikan kita berencana untuk merevolusi program yang ada di  perguruan tinggi. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa program s1 harus diselesaikan dalam delapan semester.

 

Wisudawati STAI Darunnajah

Namun, baru-baru ini mentri pendidikan kita mengusulkan untuk mempersingkat program s1 tidak lagi menjadi delapan semester namun, dipersingkat menjadi lima semester.  Lalu, apakah cukup dengan lima semester kita bisa mendapatkan gelar sarjana ? kemudian, program  apa sajakah yang akan dilakukan setelah menyelesaikan lima semester tersebut ?

Adanya ide atau usulan tentang revolusi program sarjana menjadi hanya lima semester tersebut, mentri pendidikan kita menjawab beberapa pertanyaan yang muncul di kalangan masyarakat, tidak berhenti sampai disitu mentri pendidikan juga memaparkan Beberapa rancangan kegiatan yang harus dilakukan mahasiswa setelah menyelesaikan lima semester.

 

 

Mentri Pendidikan Indonesia

Beliau menjelaskan bahwa mempersingkat kuliah hanya dengan lima semester memiliki alasan tertentu, juga memiliki tujuan tertentu. Ia berpendapat bahwa selama ini perguruan tinggi memberikan  memberikan satuan kredit semester atau yang biasa kita kenal dengan sebutan SKS banyak tetapi kurang adanya praktek kerja yang dilakukan untuk masyarakat ataupun terhadap dirinya sendiri.

Upaya yang akan dilakukan oleh mentri pendidikan pasca menyelesaikan kuliah selama lima semester , mahasiswa dapat berkontribusi dengan masyarakat atau praktek kerja nyata yang dia tidak dapatkan di perguruan tinggi, selain itu bila mana Mahasiswa telah menyelesaikan selama lima semester maka untuk semester selanjutkan mahasiswa dapat mengambil program studi lain diluar program studi yang ia ambil di semester sebelumnya.

Harapannya, guna mahasiswa mendapatkan ilmu tidak hanya dari mata kuliah di program studi yang diambil, tetapi mahasiswa juga bisa mendapatkan ilmu dari banyak referensi.

Namun, program ini belum resmi di sah kan karna masih banyak nya hal yang perlu dipertimbangkan dan juga ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan, maka masih perlu dimusyawarahkan untuk revolusi pendidikan indonesia di masa yang akan datang.

 

terimaksih..

 

Ayo Bergabung Bersama Kami

Jadilah bagian dari keluarga
TK Islam Darunnajah, Play Group dan Toddler

Daftar Online Melalui : santri.darunnjah.com

 

 

Brosur TK Islam Darunnajah

Like Us OFacebook

Adm TK DN 1

frisca

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Informasi Perubahan Kalender Pendidikan Tahun 2019-2020 Kelas 3 TMI Darunnajah Jakarta

Perihal  : Informasi Perubahan Kalender Pendidikan  Tahun 2019/2020                                  31 Maret 2020                                                                 Yang terhormat, Bapak/Ibu Orang Tua Santri Kelas III