RASULULLAH IS OUR BEST IDOL

blank

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Kamis (25 /02/2010) dalam rangka memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, seluruh santri Darunnajah Cipining disibukkan dengan kegiatan yang  beraneka ragam. Santri putra melaksanakan safari dakwah, sedangkan santri putri mengadakan berbagai macam perlombaan, bazar dan kegiatan lain yang bersifat edukatif.

Untul memudahkan jalannya kegiatan dan memunculkan jiwa kompetitif sportif, panitia yang terdiri dari para pengurus OSDC membagi peserta menjadi 8 kelompok. Setiap kelompok  terdiri dari 10 anggota yang diketuai oleh kelas intensif. Tampak terlihat dari wajah para peserta yang terdiri dari kelas VII, VIII dan Intensif  asrama begitu antusias mengikuti kegiatan ini. Hal ini diimbangi oleh para panitia dengan semangat yang luar biasa menyelenggarakannya.

Dengan persipan yang matang tepat  pada pagi hari tadi (07:30 WIB) acara dimulai dengan pembawa acara pada pembukaan oleh saudari Melda Haryani dan saudari Ina Rosdiana.  Lantunan ayat suci Alqur’an yang sangat merdu oleh saudari Fillah Kholifah dari kls 2 TMI menyusul Kemudian. Acara dilanjutkan dengan  beberapa sambutan.

Sambutan yang pertama disampaikan  oleh saudari Lutfia tanty selaku wakil ketua panitia pelaksana  kegiatan. Pada kesempatan ini, dia menyampaikan pesan-pesan kepada seluruh peserta agar selalu semangat dalam mengikuti perlombaan dalam kegiatan ini. Senada dengan Tanty,  ustadz Kamilin selaku pembimbing Organisasi Santri Darunnajah Cipining atau biasa dikenal dengan sebutan OSDC menghimbau bahwa terdapat hal positif yang dapat diambil dari pelaksanaan kegiatan ini. “Janganlah hanya mau sebagai pemenang saja namun lihatlah proses segala hal yang kita amalkan dalam pelaksanaan lombanya”, ungkapnya sembari melakukan peresmian acara dengan pemukulan simbel.

Sesusai acara pembukaan dimulailah beberapa perlombaan diantaranya lomba puitisasi dari bagian perpustakaan dan hifdzul Qur’an dari bagian peribadatan dan perlombaan yang tidak kalah semangatnya yaitu lomba menghias kamar oleh masing-masing anggota kamar.

Sebagai pemanis kegiatan, bazar  aneka hidangan pun turut meramaikan–aneka gorengan dan es kelapa tersedia di bazar koord inator dan aneka minuman segar serta bakso tersedia di bazzar OSDC. Siapapun dapat mengakses bazar ini karena disediakan di ruang terbuka.

Dalam kegiatan ini terdapat beberapa tata tertib yang harus dipatuhi, diantaranya: menjalankan dan mengamalkan segala hal sunnah-sunnah Rasullah SAW. Dan diwajibkan bebahasa Inggris (kamis) dan Arab (jum’at) saat terpasang bedera warna kuning dan bebas berbahasa bagi yang lomba saat bendera berwarna hijau. Bagi yang melanggar akan mendapat sanksi berupa diskualifikasi nilai. itulah tata tertib yang berlaku dalam kegiatan ini untuk menumbuhkan semangat berbahasa asing.

Hingga Kamis siang pun masih berlanjut dengan berbagai perlombaan, diantaranya lacak jejak Islam, musabaqah syarhil qur’an /MSQ,dan sketsa Darunnajah. Malam harinya, panitia memutar dan nonton bareng sebuah film inspirasi dan motivasi berjudul “KING”. Film  yang begitu menonjolkan semangat untuk menjadi sang  juara bulu tangkis.

Selanjutnya, acara  renungan malam menjadi pilihan untuk mengisi dan mengoreksi diri. Seluruh santri diwajibkan untuk tidur di masjid putri. Mereka dibangunkan ketika jam menunjukkan pukul 02.30 WIB dini hari. Mereka dikumpulkan di lapangan masjd putri, kemudian diajak untuk berjalan menyusuri bumi Darunnajah Cipining dengan mata tertutup. Setelah sampai ditempat yang telah disediakan, panitia memberi mereka sebuah lilin untuk menerangi gelapnya malam hari. Disanalah mereka diberikan kesempatan untuk bermunajat kepada Allah dengan menunaikan shalat tahajud dan curhat kepada Allah serta menuliskan sebuah pesan untuk orang tua, seusai itu mereka di kumpulkan kembali untuk bermuhasabah yang di pandu oleh saudari Gita Mershella santri kelas 5 TMI . Dengan  derai air mata yang membasahi wajah, mereka memohon ampunan dan kebaikan diri kepada yang kuasa dengan di iringi musik instrument “Doaku”.

Jum’at pagi (26/02/10),seperti hal yang dilakukan pada hari sebelumnya,  yaitu pelaksanaan lomba dan bazarpun tetap berlangsung. Dengan modal yang minim yaitu  Rp300.000,-, alhamdulillah hasilnya pun mencapai Rp 570.000,-. Hal ini disyukuri panitia karena mereka dapat sambil belajar mengelola bisnis yang baik.

Sampai pula di penghujung acara dengan pelaksanaan panggung gembira yang amat meriah dengan pembawaan acara sangat unik, yaitu Wika al-Haq & Kurniati (santri kelas 4 TMI). Kedua pembawa acara ini dengan gaya dan kepandaiannya  menyihir penonton sehingga malam ini menjadi malam spesial.

Panggung gembira diramaikan dengan penampilan kreasi santri diantaranya drama bilingual yang berisikan tentang sunnah-sunnah rasul, nasyid islami, serta magic. Juga pembagian hadiah yang diberikan oleh bagian acara. Mengapresiasi kegiatan ini, para panitia dan peserta merasa puas karena dapat mengeksplorasi kemampuan, bakat, dan daya kreasi mereka. Mereka berharap agar kegiatan ini dapat memacu mereka menjadi muslimah yang berkualifikasi khoiru ummah serta ummat Nabi Muhammad yang mencintai beliau.(DiahSantikawati)

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Detik-detik melepas K.H. Saifuddin Arief

KH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief Memotivasi Santri Untuk BerprestasiDokumentasi Pemakaman K.H. Saifuddin Arief, S.H., M.HKalimat Takziah K.H. Nasir