Menu

Rahasia Yang Tersembunyi Di Balik Dakwah Kita Dengan Tulisan

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Rahasia Di Balik Dakwah Dengan Tulisan

Rahasia Di Balik Dakwah Dengan Tulisan
Rahasia Di Balik Dakwah Dengan Tulisan

Pada awal masa kenabian Muhammad SAW di berikan perintah oleh Allah SWT untuk berdakwah. Ada dua fase dakwah yang di laksanakan oleh Rasullullah SAW. Beliau mengawali dakwah yaitu dengan berdakwah secara sembunyi sembunyi ke keluarganya dan para sahabat-sahabat terdekatnya. Allah kemudian berfirman kepadanya, “Maka siarkanlah apa yang diperintahkan kepadamu dan janganlah kamu pedulikan orang musyrik.” (al-Hijr: 94).

Dan pada fase yang kedua beliau berdakwah secara terang-terangan. Dengan mengundang kepala suku dan pembesar kaum kafir Qurais dalam sebuah jamuan tamu. Dalam fase ini Rasululah SAW mengajak untuk menerima ajaran agama islam.

Dakwah adalah menyeru atau mengajak ke jalan kebaikan yaitu ajaran agama islam. Mengajak manusia menuju agama allah merupakan salah satu ibadah yang agung, manfaatnya menyangkut orang banyak. Allah memerintahkan kita untuk berdakwah, melalui Rasullah Saw dalam Al-Quran, Allah Azza wa Jalla berfirman:

وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلاً مِّمَّن دَعَآ إِلَى اللهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِى مِنَ الْمُسْلِمِينَ

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru menuju Allah, mengerjakan amal yang shalih dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”. [Fushshilat:33].

Bagaimana cara kita berdakwah pada zaman yang modern ini?

Di zaman modern ini dengan kecanggihan teknologinya kita dapat berdakwah melalui tulisan. Kita dapat  menulis sebuah artikel, kisah, atau ajakan yang di dalamnya ada sebuah hikmah atau kebaikan yang dapat kita ambil dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Secara tidak sadar dengan menulis kita sudah berdakwah mengajak orang lain untuk melakukan kebaikan.

Dan apabila kebaikan itu di laksanakan maka kita juga akan mendapatkan pahala dari kebaikan tersebut. Karena dakwah adalah menyampaikan kebaikan maka kita harus menyampaikan tersebut dengan kebaikan pula.

Menyampaikan dakwah dengan ajakan yang baik, menarik, sopan , tidak dengan cara kekerasan, menyinggung atau merendahkan orang lain. seperti rasulullah SAW menyampaikan dakwahnya dengan penuh kelembutan, kedamaian dan kasih sayang, sehingga oran yang menerima dakwah dapat menerimanya dengan ikhlas.

Berdakwah secara tulisan dengan menyampaikan ajaran islam dengan cara yang baik akan membawa kita ke jalan yang insyaallah di ridhoi oleh Allah SWT. Amin

(Al/HADAMA)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait