Rahasia di Balik Keutamaan Do’a Sayyidul Istighfar

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Dengan suatu keridhaan, hidup akan teresa manis, dengan untain senyum, hidup terasa ringan tanpa permasalahan, dengan istighfar akan terlampuilah segala hajat, dengan kalimat do’a yang dipanjatkan, terealisasilah hal yang dianggap belum tercapai.

Tanpa terasa, setiap dari manusia seringkali berusaha menenangkan hati yang menjadi sempit karena amalan berujung dosa salah satunya dengan istighfar.  Tidak akan rugi apabila disela-sela kesibukan kita dalam menjalankan kehidupan di dunia ini, menyempatkan diri dalam memperbanyak istighfar yaitu selalu memohon ampunan kepada Sang Khaliq.

Allah berfirman dalam Al-Qur`an:

وَأَنِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُمَتِّعْكُمْ مَتَاعًا حَسَنًا إِلَىٰ أَجَلٍ مُسَمًّى وَيُؤْتِ كُلَّ ذِي فَضْلٍ فَضْلَهُ ۖ وَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنِّي أَخَافُ عَلَيْكُمْ عَذَابَ يَوْمٍ كَبِيرٍ

“Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat.” (QS. Hud:3)

Istighfar merupakan suatu kenyamanan yang tak bisa ditandingi. Istighfar adalah sebab yag paling kuat untuk mendapatkan kebahagian dan merupakan harta yang sangat berharga di dunia.

Adapun bacaan yang sering diucapkan untuk beristighfar adalah Astaghfirullah, namun selain itu ternyata ada bacaan yang paling utama dan paling sempurna yaitu Do’a Sayyidul Istighfar, dalam bacaan ini terdapat banyak keutaman yang belum di ketahui sebagian umat muslim. Dan bacaannya sebagai berikut:

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya: “Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, Tidak ada sesembahan yang haq kecuali Engkau, Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku diatas ikatan janji -Mu dan akan menjalankannya dengan semampuku, aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau” (HR. Bukhari no. 6306).

Do`a Sayyidul Istighfar mempunyai banyak manfaat apabila kita membacanya dan diantara manfaat tersebut adalah:

  1. Dijanjikan masuk surga bagi yang membaca siang hari maupun malam hari
  2. Dosa-dosa yang lalu akan diampuni
  3. Sebagai bentuk dari rasa syukur atas nikmat Allah SWT
  4. Menjadi hamba yang di cintai Allah
  5. Dapat terhidar dari azab Allah SWT
  6. Memperlancar dan mempermudah rezeki
  7. Membersihkan hati yang kotor
  8. Ketenangan batin

Dengan demikia mari kita mengisi dalam setiap hidup kita dengan bersyukur dan beristighfar, karena dalam hembusan nafas ada nikmat yang harus disyukuri dan dosa yang harus dimintakan maaf, dengan memperbanyak istighfar maka akan mendapat kelapangan, bantuan, terpenuhinya kebutuhan dan pertolongan. Salah satunya dengan membaca do’a Sayyidul Istigfar.

(dn.com/Nafisah)

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Kegiatan Fathu Kutub Santri Akhir Putri

Cidokom Post – Sejak Sabtu (24/10) Pondok Pesantren Anur Darunnajah 8 mengadakan kegiatan tahunan Fathu Kutub untuk santri akhir TMI. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula