Qurban secara makna kata adalah hewan sembelihan.

Qurban adalah salah satu ibadah dalam agama islam yang mana dilakukannya penyembelihan binatang ternak yang dilakukan sebagai wujud pengorbanan umat muslim.

Qurban, Ibadah penuh manfaat

Qurban, Ibadah penuh manfaat

Ibadah qurban dilakukan pada bulan Dzulhijjah dalam penanggalan hijriah, tepatnya pada 10 dzulhijjah.

Hari Raya Idul Adha tak bisa terlepas dari ibadah qurban. Selain bernilai ibadah yang tentunya berpahala,  manfaat qurban juga dapat ditinjau dari aspek sosial.

Berikut adalah manfaat qurban bagi masyarakat:

  1. Menjaga tali silaturahim

Hari raya qurban adalah salah satu sarana untuk menjalin tali silaturaharmi kepada orang lain. Tidak hanya kepada satu orang saja bahkan bisa sampai banyak orang.

Menyukseskan kegiatan qurban dibutuhkan kebersamaan dan peranan banyak orang. Ini akan menjadi sarana pemersatu di antara umat islam. Tidak ada perbedaan di hari itu, kita bersama-sama berbagi kebahagian untuk sesama.

  1. Mencukupi kebutuhan gizi kaum kecil

Dari tinjauan kesehatan, qurban bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi masyarakat indonesia. Mengingat kebutuhan gizi rakyat indonesia sangat tinggi dan tidak semua rakyat mampu merasakan manfaat daging.

Oleh karena itu, hari raya qurban menjadi salah satu kesempatan bagi masyarakat dari kalangan bawah untuk memperbaiki asupan gizi, terutama yang berasal dari daging sapi dan kambing.

  1. Memakmurkan masjid

Qurban kebanyakan dilakukan di masjid. Saat hari raya qurban pasti setiap masjid melakukan kegiatan penyembelihan dan pembagian hewan qurban.

Memakmurkan masjid adalah salah satu perintah yang perlu dilakukan umat islam. Masjid akan tetap dimakmurkan setiap waktunya, karena banyak orang yang melakukan ibadah mulai dari shalat ied bersama hingga proses penyembelihan.

  1. Menjaga budidaya hewan ternak

Ini adalah manfaat lain yang bisa didapatkan untuk meningkatkan aspek pertanian negara kita. Dengan adanya ibadah qurban, maka harus ada hewan yang diqurbankan (disembelih).

Peranan para peternak hewan seperti sapi, kambing, dan domba di Indonesia akan sangat penting dalam membantu terlaksananya kegiatan qurban ini.

Manfaat qurban akan membantu meningkatkan aspek di bidang peternakan, mengingat sampai saat ini saja negara kita masih saja impor hewan-hewan ternak.

Bagi umat islam tentunya ibadah qurban tidak hanya semata-mata ibadah, namun memberikan manfaatnya untuk sesama muslimin dan muslimat.

Kurban Bersama Darunnajah

Klik Disini 

(DN.COM/adam)