LARANGAN YG QURBAN

Hari Raya Idul Adha atau yang biasa disebut juga dengan hari qurban tidak lama lagi akan tiba 12 hari lagi atau tepatnya 12 September 2016 M/10 Dzulhijjah 1437 H, dimana banyak orang yang akan berlomba untuk menyembeih hewan qurban, sebagai bentuk ketaatan seorang hamba kepada Tuhannya serta rasa syukur atas segala nikmat yang telah Allah swt berikan di kehidupannya. Bila anda sudah berniat ingin berqurban tahun ini maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Rasulullah saw bersabda, “jika kalian melihat hilal bulan Dzulhijjah dan salah seorang kalian mau berqurban, maka tahanlah diri anda dari mencukur rambut dan memotong kukunya”. (HR Muslim). Dari hadits ini seorang yang ingin berqorban di perintahkan untuk menahan diri atau tidak memotong rambut dan kukunya, di mulai dari tanggal 1 Dzhulhijjah.

Bila tahun ini 10 Dzulhijjah bertepatan dengan taganggal 12 September 2016 maka anda yang ingin berqurban tidak boleh memotong rambut, baik itu rambut yang tumbuh di berbagai tempat dalam tubuh anda dan juga di larang untuk memotong kuku tangan maupun kuku kaki terbilang dari tanggal 2 September 2016 lusa.

Kenapa dilarang memotong rambut dan kuku bagi yang ingin berqurban?

Menurut ulama Syafi’iyah, terdapat hikmah dibalik di larangnya memotong rambut dan kuku yakni agar semakin banyak anggota tubuh kita terbebas dari api neraka, wallahu a’lam.

(WADRAN/MAS)