Progresifitas Program Ta'lim
Menu

Progresifitas Program Ta’lim

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

“Ta’lim selepas sholat 5 waktu adalah sesuatu yang primer. Maka melihat dari pentingnya kegiatan ini, saya berharap segala pihak di pesantren ini agar mendukung.” Begitulah amanat pimpinan pesantren, KH Jamhari Abdul Jalal, Lc di hadapan dewan guru saat rapat mingguan pada Jum’at (8/4) kemarin.

Menindaklanjuti intensifitas kegiatan ta’lim oleh para santri senior yang duduk di kelas Madrasah Aliyah (X, XI, dan XII MA), baik di masjid dan asrama, Bapak Kyai menekankan agar kegiatan ini disikapi dengan serius. Maka beliau menjelaskan bahwa keseriusan ini ditunjukkan dengan siapnya petugas ta’lim saat membawakan ta’lim. Petugas harus menghapalkan dalil-dalil yang ada, baik itu dalil dari Al-Qur’an maupun hadits.

Hapalnya santri terhadap dalil-dalil tersebut memiliki tendensi yang edukatif. Selain sebagai  wahana inventarisasi dalil bekal dakwah yang mesti mereka persiapkan, penghapalan dalil menjadi kualitas pemahaman santri terhadap agama Islam. Hal ini karena memang seharusnya seorang mukmin menjadikan Al-Qur’an dan hadits menjadi rujukan terhadap berbagai problematika kehidupan manusia.

Kepada penanggung jawab kegiatan ini yaitu biro dakwah dan humas bekerja sama dengan biro pengasuhan santri, Bapak Kyai juga mengharapkan agar sistematika ta’lim ini dibuat secara jelas. Adapun urutan ta’lim yang telah dibakukan adalah pembukaan (muqoddimah), isi (pembahasan), dan penutup. Bahasa pengantar yang harus digunakan juga 2 bahasa asing (Arab-Inggris) untuk sesi pembuka dan penutup.

Kegiatan ta’lim ini merupakan follow up dari program latihan pidato (muhadloroh) yang diselenggarakan untuk santri kelas Tsanawiyah. Dalam muhadloroh pun, para santri berlatih menggunakan 2 bahasa asing dan bahasa Indonesia.

Di akhir pembahasan ta’lim, Bapak Kyai menekankan kembali agar kegiatan ini setiap saat harus ditingkatkan. Maka, setiap guru diharapkan membimbing terlaksananya program dan memberikan evaluasi yang membangun. (Wardan/Billah)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait