Menu

Pramuka Darunnajah Cipining Aktif dan Berprestasi Di Jambore Ranting Kwarran Cigudeg 2018

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Salam Pramuka !!!
Jambore merupakan pertemuan pramuka penggalang dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh kwartir tingkat ranting. Jambore berkembang sejak tahun 1920 di Inggris. Jambore ini bertujuan untuk mengembangkan potensi mental, fisik, intelektual, spiritual, dan social baik secara individu maupun kelompok.

Dalam hal ini, Kwartir Ranting Cigudeg memberikan perhatian besar terhadapnya, sehingga diadakan Jambore Ranting Kwaran Cigudeg 2018 dengan motto “Aktif – Kreatif – Berpetualang (AKRAB)” yang merupakan acara tahunan pesta penggalang sebagai ajang pengembangan bakat di bidang kepramukaan dan silaturrahim antar gugus depan se-Kecamatan Cigudeg.

Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan emas tersebut, untuk menggali pengetahuan dan pengalaman kepramukaan, gerakan Pramuka Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining turut serta dalam acara tersebut. Mengingat betapa besarnya antusias santri Darunnajah dalam bidang pramuka.

Oleh karena itu, Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining mengutus santrinya dengan 4 regu penggalang, 2 regu putra dan 2 regu putri yaitu :

A. Regu Garuda
1. Thoriq Ahmadi (kelas 3 TMI)
2. M. Iqbal Fauzi (kelas 3 TMI)
3. Deri Saputra (kelas 3 TMI)
4. Feri Irawan (kelas 3 TMI)
5. Teungku Aziz (kelas 3 TMI)
6. Syahriza (kelas 2 TMI)
7. Revan Ramadhan (kelas 2 TMI)
8. Fikri Afriyansyah (kelas 1 TMI)

B. Regu Rajawali
1. Nazarudin (kelas 3 TMI)
2. Rachman Dimas (kelas 3 TMI)
3. M. Indra Saputra (kelas 3 TMI)
4. Ardiyan Hengki (kelas 3 TMI)
5. Rahman Fadli (kelas 3 TMI)
6. Rekna Imanda (kelas 3 TMI)
7. M. Jainil Furqon (kelas 2 TMI)
8. Fahrul Rozi (kelas 2 TMI)

C. Regu Kenanga

1. Fatimatul Mei Zahra (Kelas 3 TMI)

2. Bunga Putri Cesaria (Kelas 3 TMI)

3. Sintia Tahta Nabila (Kelas 3 TMI

4. Alifah Annasika (Kelas 3 TMI)

5. Nur Apni (Kelas 2 TMI)

6. Anisa Safitri (Kelas 2 TMI

7. Reva Dwiliyansyah (Kelas 2 TMI)

8. Desy Aulia (Kelas 3 TMI)

D.  Regu Raflesia

1. Anindya Zelda (kelas 3 TMI)
2. Dinda Nurlatifah (kelas 3 TMI)
3. Intan Sholihah (kelas 3 TMI)
4. Octa Kusuma (kelas 3 TMI)
5. Sarah (kelas 2 TMI)

6. Puspita Ramadhani (kelas 3 TMI)
7. Maulina Mei Sandi (kelas 3 TMI)

8. Yayang Indriyani (kelas 3 TMI) 

Dalam kegiatan ini regu penggalang didampingi oleh Pembina serta Bindamping yang tak kenal lelah demi mendukung kegiatan tersebut, yaitu: Ka. Ryan, Ka.Isna Kamila Liyana (pembina), Ka. Arif Hidayah (Kelas 6 TMI), Ka. Alfin Maulana (Kelas 6 TMI), Ka. Ni’matul Mufidah (Kelas 6 TMI), dan Ka, Astri Dediyana( Kelas 6 TMI) sebagai bindamping.

Jambore Ranting Kwaran Cigudeg 2018 berlangsung selama 3 hari, yaitu pada hari Jum’at-Ahad, 21-23 September 2018 bertempat di Lapangan Besar Kp. Leuwi Hieum, yang diikuti 110 Regu tingkat SD, SMP/MTs Se-Kecamatan Cigudeg.

Acara tersebut dimulai dengan Upacara pembukaan pada Jum’at pukul 13:30 Meskipun dihalau oleh terik matahari, namun tetap berjalan dengan khidmat dan penuh semangat yang dihadiri oleh Sekretaris Camat, Polsek Cigudeg, dan Danramil Cigudeg dengan peserta sebanyak 1080 orang.

Berbagai macam kegiatan edukatif diikuti oleh peserta dengan semangat dan dimeriahkan oleh yel-yel andalan tiap-tiap sekolah termasuk kontingen Pesantren Darunnajah Cipining yang menambah kemeriahan dan kesemarakan serta menggetarkan Bumi Perkemahan Jambore 2018.

Selain itu, kontingen Darunnajah baik putra maupun putri turut aktif dalam setiap kegiatan yang diadakan, tidak kenal lelah dan megeluh terdiri atas 21 jenis kegiatan yang dibagi dalam beberapa giat, yaitu: giat umum, pendidikan, multimedia, petualang, tekpram, seni budaya yang terdiri dari karnaval dan penampilan kreasi seni dari peserta, serta giat jagoan jambore.

Dalam giat penampilan kreasi seni antar wilayah, kontingen Darunnajah putra dan putri diutus untuk mewakili gugus wilayah 2 dalam pentas seni. Adapun regu putra menampilkan Lagu Nasional dengan diiringi musik Klanting yang sangat meriah, sedangkan putri menampilkan senam dan tarian budaya yang memukau. Keduanya mendapat sambutan positif dan tepuk tangan meriah dari penonton yang hadir.

Kegiatan ini berlangsung dengan lancar tanpa kendala apapun.  dengan pelaksanaan Api Unggung dan Pentas Seni dari amsing-masing wilayah sebagai puncaknya, yaitu pada hari Sabtu Malam dimulai pukul 20:00. Turut berpartisipasi pula kontingen Darunnajah Cipining sebagai petugas upacara api unggun atas nama Fatimatul Mei Zahra (kelas 3 TMI)dan M. Iqbal Fauzi (kelas 3 TMI).

Alhamdulillah, atas keaktifan, kegigihan, dan semangat yang tak pernah luntur, kontingen Pondok Pesantren Darunnajah Cipining mendapat reward/penghargaan barupa predikat Regu Terfavorit 1. Adapun Regu favorit 2 dan 3 masing-masing diraih oleh SMPN 1 Cigudeg dan SMP Bina Insan Mandiri.

Berikut Napoleon Hill mengatakan: “Usaha akan membuahkan hasil setelah seseorang tidak akan menyerah” Sujud Syukur pun dilakukan atas penghargaan tersebut yang kedepannya diharapkan dapat memotifasi santri Pondok Pesantren Darunnajah Cipining dalam bidang kepramukaan.

Berikut pesan dan kesan Ka Herman selaku koordinator kegiatan Jambore Ranting Kwaran Cigudeg 2018 “ Pesan saya kepada seluruh Gudep/Sekolah agar bias berpartisipasi dalam kegiatan jamrana ini, karena hanya satu tahun sekali. Adapun kesan saya, kegiatan ini cukup mengasyikkan walaupun sedikit melelahkan”. dan
Salam Pramuka!!!

(WARDAN/Iskana) 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Hidden Curriculum Sistem Muallimin (TMI) Darunnajah

Sebagai lembaga pendidikan pesantren berbasis sistem Muallimin, pemahaman sepenuhnya akan kelebihan kurikulum TMI (Tarbiyatul Muallimin/Muallimat Al Islamiyah) yang menjadi core curriculum dari pendidikan pondok harus