pesantren adalah lembaga pendidikan dengan system mondok (bermukim), jauh sebelum mentri pendidikan akan menerapkan system pendidikan 24 jam, pondok darunnajah telah menerapkan system tersebut dikarenakan pondok mendidik santrinya dari mulai bangun tidur hingga tidur kembali.

Dengan banyaknya kegiatan di pondok  seperti pramuka, muhadharah (latihan pidato) dll justru diminati oleh sebagian besar santri khususnya di darunnajah

Pondok pesantren dengan system pendidikan 24 jam justru banyak diminati oleh banyak masyarakat, hal ini terbukti dari suvey atau quisoner yang diberikan lembaga darunnajah kepada santri akhir tarbiyatul mualimin wal mualimat (kelas 6 TMI) dengan jumlah keseluruhan kls akhir 275 santri dan yang mengisi quisoner berjumlah 250 santri akhir.

Secara  ringkas  jawaban  santri  atas  seluruh  pertanyaan  kuesioner atau angket  menunjukkan  hasil sebagai berikut:

Hasil tabulasi data terhadap jawaban dari pertanyaan “Meskipun Anda telah memasuki Pesantren Darunnajah, sekolah/madrasah mana yang dahulu “ dapat disimpulkan bahwa hamper sekitar 63.2% memilih pondok lain, 40.0% memilih pondok salaf. Artinya bahwa pondok pesantren menjadi tujian utama untuk menyekolahkan anak.

Untuk masyarakat yang hendak menyekolahkan anaknya ke pondok pesantren lebih banyak daripada kesekolah luar hal ini dapat disimpulkan sebagai berikut:

3.Meskipun Anda telah memasuki Darunnajah, sekolah/madrasah mana yang dahulu Anda rencanakan?
c Sekolah umum 69 27.6%
a Memang Darunnajah ini 5 2.0%
d Pondok lain 158 63.2%
e Pondok salaf 100 40.0%
f MTs/MA lain 42 16.8%
g Tidak tahu 45 18.0%
h Lain-lain, sebutkan 28 11.2%
b Sekolah kejuruan 26 10.4%

 

Dengan demikian di zaman sekarang ini pondok memiliki nilai plus untuk mendidik generasi muda di indonesia, karena pondok telah banyak memberikan sumbangsinya terhadap bangsa indonesia, karna telah terbukti banyak alumni pondok yang terjun di masyarakat dalam segala bidang antaralain: politik, hukum, ekonomi dan bahkan banyak sekali mereka yang melanjutkan sebagai pendidik untuk membantu membangun bangsa indosesia.

Darunnajah salah satunya lembaga pendidikan yang sistem pendidikannya yang bagus dengan menggunakan kurikulum KMI (kuliatul mualimin wal mualimat) dan K13 (kurikulum 2013) yang digabung menjadi satu dan akhirna menjadi TMI (tarbiyatul mualimin wal mualimat alislamiyah) yang berfokus untuk mendidik supaya menjadi pendidik yang islamiyah.