Artikel kali ini sih lebih cocok buat para orang tua ya teman-teman.
Tapi kalo teman-teman tertarik sih Alhamdulillah. Kita akan membahas tentang pendidikan di pondok pesantren.

Kali ini kita akan membahas tentang sekolah yang baik untuk mendidik anak-anak kita.

Sekolah tuh banyak sekali pengertiannya ya teman teman.

Antara lain :

1. Sekolah pada umumnya
2. Sekolah khusus agama ( SDIT,SDKT,DLL)
3. Sekolah luar biasa ( Untuk anak anak yang memiliki kekurangan tertentu )
4. Pondok pesantren.

Dari keempat kategori sekolah yang ada diatas, Kalian lebih tertarik yang mana nih teman-teman?

Kalau sekolah-sekolah pada umumnya pasti udah biasa dong teman-teman, Nah kalo kira-kira pondok pesantren tuh seperti apa ya ….. ?

Langsung aja kita intip.
Apa sih keunggulan pondok pesantren dibandingkan sekolah sekolah pada umumnya… ?

Pondok pesantren memiliki perbedaan dalam mendidik santri-santrinya. Mereka tak hanya diajarkan materi didalam kelas, Namun mereka juga diajarkan tentang materi kehidupan sehari-hari.

Seperti yang kita tahu, Pondok pesantren identik dengan kata “Asrama”, Di situlah para santri di gembleng, Di paksa, Di didik, Dan di ajarkan materi kehidupan. Dari mulai berorganisasi, Keikhlasan, Keserhanaan, Jiwa mandiri, ukhuwah islamiah, Dan juga kebebasan mereka dalam berkarya.

Mereka di paksa untuk melakukan hal yang mungkin jarang dilakukan oleh teman Seangkatannya diluar sana, seperti : sholat Dhuha, Tahajud, Puasa Sunnah, Piket asrama, Piket malem dan lain-lain.

Kursus mahir dasar salah satu sarana bagi para santri untuk memperdalami ilmu pramuka

Mereka dipaksa agar terbiasa, Mereka di gembleng agar kuat mentalnya. Dari semua paksaan, Gemblengan, Didikan, Dan pengajaran itulah yang menjadikan para santrinya terbiasa menjalankan kewajibannya sebagai seorang hamba serta menjalankan Sunnah Rasul-nya.

Namun, Banyak dari orang tua yang salah kaprah dalam memahami pengertian dari pondok pesantren.
Pondok bukanlah tukang sihir, Yang dapat mengubah anak yang tadinya nakal menjadi baik.
Pondok pesantren hanyalah membantu orang tua dalam mendidik anak-anaknya, Dan orang tua lah yang menjadi PEMERAN UTAMA dalam mendidik anak-anaknya.

Para ustad dan ustazah bukan hanya mengajarkan dan mendidik para santri dengan materi-materi yang ada dikelas . Namun agar mengubah sifat para santri . Para ustad dan ustazahpun tidak lupa selalu mendoakan anak didiknya agar bisa menjadi anak yang sholeh dan sholeha.

Semoga bermanfaat.

Sahabat Pena : Muhammad Hafiz