Menjadi Pramuka Adalah Pilihan - Siang Menjadi Fikiran Malam Menjadi Impian
Menjadi Pramuka Adalah Pilihan – Siang Menjadi Fikiran Malam Menjadi Impian

Pramuka merupakan salah satu kegiatan wajib yang ada di Darunnajah. Kegiatan ini juga merupakan salah satu kegiatan yang banyak digemari oleh para santri, karena pramuka penuh dengan permainan yang menyenangkan serta mendidik. Salah satu kegiatan yang paling disukai dalam pramuka yaitu berkemah atau camping, kegiatan dimana para andika akan belajar hidup di alam bebas.

Baru-baru ini Bagian Koordinator OSDN dan MABIKORI menggelar kegiatan berkemah dengan nama PERAKAJUM (Perkemahan Rabu, Kamis, Jumat) yang diadakan dari tanggal 3-5 November lalu. Kegiatan ini berlokasi di Darunnajah 17 Ummul Mu’minin Ciomas, Serang, Banten.
Kegiatan PERAKAJUM sudah menjadi kegiatan yang wajib diadakan di Darunnajah setiap tahunnya. Pada mulanya perkemahan ini diberi nama PERKAJUM (Perkemahan Kamis Jumat) akan tetapi karena kegiatan ini dirasa terlalu sebentar maka ditambah menjadi hari Rabu, Kamis dan Jumat. Acara ini di ikuti oleh seluruh santriwan kelas 2 dan 3, dimana mereka akan membentuk sebuah regu yang berjumlah sekitar 11 sampai 12 orang.

- Advertisement-

Dalam acara ini, para peserta akan mengikuti banyak sekali kegiatan diantaranya perlombaan-perlombaan keterampilan, wide game, dan yang paling ditunggu-tunggu adalah malam api unggun. Semua kegiatan ini dimaksudkan untuk melatih kreativitas serta kemadirian para santriwan Darunnajah. Pada saat wide game misalnya, para peserta dari setiap regu harus menyelesaikan tantangan-tantangan yang diberikan di tiap-tiap pos yang ada. Mulai dari memecahkan sandi-sandi hingga menyeberangi sungai. Kekompakkan serta kecerdasan setiap regu pun di uji dalam kegiatan ini.

“ PRAKAJUM kali ini sangatlah menarik karena saya mendapat pengalaman baru dan dapat melatih kemadirian saya serta dapat berkunjung ke tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya “ Ujar Wilanizra salah satu peserta kegiatan PERAKAJUM dari kelas 2.“Saran untuk PERAKAJUM kedepannya kalau bisa pos-pos saat wide game lebih banyak di hutan atau sungai daripada di jalan” lanjutnya.
Sulaiman Yusuf selaku paitia pada kegiatan PERAKAJUM berpendapat “ Banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari kegiatan ini. Diantaranya ialah kita sebagai santri Darunnajah dapat hidup mandiri walaupun di alam bebas. Juga dapat melatih kerja sama dan kekompakkan antar individu dalam kelompok”.

Para peserta mendapat banyak pengalaman baru dari kegiatan ini. Banyak hal yang dapat mereka ambil dan dijadikan sebagai contoh untuk kedepannya. Terutama bagi para santri kelas 2 yang akan melakukan PERAKAJUM lagi di tahun depan. Diharapkan untuk seterusnya acara ini akan lebih baik lagi, karena santri Darunnajah tak hanya membutuhkan pendidikan di dalam kelas melainkan diluar juga.

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini