Menu

Pesantren Terus Membangun

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Wardan [13/09/13]. Alhamdulillah patut kiranya seluruh warga Pesantren Darunnajah Cipining bersyukur ke hadirat Allah SWT. karena telah karuniakan lahan wakaf seluas 70 ha.

Asrama Kampus 3 & Gedung Perkuliahan
Asrama Kampus 3Gedung Perkuliahan
Asset ummat yang bukan milik perorangan, lembaga atau yayasan. Setiap mukmin bisa turut berkiprah dan menyumbangsihkan pikiran, tenaga, biaya sebagai ladang syari’ah perjuangan Islam.
Dari lahan wakaf luas tersebut, tentunya banyak hal bisa dilakukan hingga menjadi lahan wakaf produktif, bukan pasif.
Berlahan tapi pasti, sedikit demi sedikit, SDA yang berupa lahan wakaf, dengan sentuhan tangan dingin para pengelola/nadzir dengan motor utama KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc, pimpinan pesantren Darunnajah Cipining sekaligus sebagai Ketua Dewan Nadzir Yayasan Darunnajah, mulai terlihat hasilnya.
Kini usia pesantren yang sudah melampoi angka dua puluh lima, dengan artian telah memasuki gerbang jangka panjang ke dua selanjutnya (second struggle), mulai menata diri, membenahi diri, untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dan alamnya.
Biro rumah tangga mulai disibukkan tiap menit untuk membangun fisik pesantren, sarana infrastruktur, asrama, ruang belajar, sarana olahraga, ruang baca/perpustakaan, ruang hijauan dan sarana penunjang lainnya.
Rencana Ruang Kelas 14 Lokal
Rencana Ruang Kelas 14 Lokal

Tidak sekedar membangun, tetapi juga bangunan tua musti perlu sangat diperhatikan, direhab, agar tidak menjadi iri, sehingga tetap bisa digunakan untuk menempa pendidikan dan pengasuhan santri.
Maka dalam pertemuan-pertemuan pengurus, dan pertemuan rutin pesantren, Biro Rumah Tangga diwanti-wanti dan diamanati untuk membentuk team rehabilitasi bangunan, yang tiap harinya bekerja menelusuri sudut-demi sudut, lorong, bangunan untuk direhab.
Di samping Biro Rumah Tangga yang disibukkan untuk meningkatkan kualitas bangunan, Biro Pendidikan juga harus mulai membenahi. Bukan sekedar memperbanyak kuantitas murid, melainkan menjaga kualitas mereka.
Sebab santri Darunnajah Cipining kini sudah menembus angka 2.112 (yang tersebar di empat kampus berbeda) atau 25% dari total jumlah santri yang tergabung dalam Darunnajah Group (+ 8.500 santri).
Bukan perkara mudah memang untuk membangun asrama dan penunjangnya yang mampu menampung ribuan orang, serta menjamin kualitas akhlak mereka, dan bahkan kian tahun terus bertambah.
Maka Biro Rumah Tangga dan Pendidikan terus bahu-membahu terus bekerja tak kenal lelah demi terselenggaranya pendidikan Islam dengan kualitas tinggi, luhur serta mempuni dalam segala aspeknya.
Pada bulan september ini, pesantren sedang merampungkan gedung asrama kampus tiga dan bangunan untuk Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI Darunnajah), yang perkuliahannya sudah dimulai hari ini, Jumat, 13 September 2013, terbagi dalam dua kelas, di laboratorium kampus satu dan tiga.
Selain itu, juga sedang memulai membangun ruang untuk belajar sebanyak empat belas ruang di sisi mata air Cikarang, atau sebelah barat bangunan tahfizh kampus tiga.
Rencana Ruang Makan Guru Kampus 3
Rencana Ruang Makan Guru Kampus 3
Untuk sarana kesejahteraan pendidik, sedang dibangun ruang makan, dengan harapan mereka terkonsentrasi dalam satu tempat, berlokasi di samping rumah dinas Kepala Asrama Kampus 3.
Tak ketinggalan pula, jalan tapak santri cilik menuju ke madrasah sedang digarap, kemungkinan dalam satu atau dua hari ke depan sudah terselesaikan dengan maksimal. Selain itu, juga para karyawan juga membenahi kekurangan-kekurangan di sisi-sisi asrama santri cilik putra (Kampus Empat). [Mr. Song]

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Alumni Darunnajah Lanjutkan Studi di IIUI Pakistan

Saat ini sudah sangat banyak alumni Pesantren Darunnajah yang melanjutkan pendidikannya di seluruh penjuru dunia dan salah satunya di Pakistan. Kali ini kita akan menceritakan,

Pondok Pesantren Putri Al-Manshur Darunnajah 3 Serang Banten

Praktek Manasik Haji

Serang, (18/02/20) seluruh santriwati kelas 3 Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah melaksanakan kegiatan Praktek Manasik Haji. Kegiatan Praktek Manasik Haji adalah salah satu materi dalam