Alumni Pesantren Yang Menbarikan Pengaruh Positif

Alumni Pesantren Yang Menbarikan Pengaruh Positif

Alumni Pesantren Yang Menbarikan Pengaruh Positif

Alumni Pesantren Yang Menbarikan Pengaruh Positif
Alumni Pesantren Yang Menbarikan Pengaruh Positif

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram

Pesantrean adalah satuan lembaga pendidikan yang dimana seorang Kiyai adalah sebagai panutan santri dan masjid sebagai sentral kegiatan santri, di Indonesia sendiri banyak sekali pesantren-pesantren yang yang berkembang di berbagai daerah sekalipun, namun tidak sedikit juga pesantren yang akhirnya gulung tikar dikarenakan kiayinya telah meninggal.

Loading...

Pondok pesantren masih menjadi pilihan masyarakat untuk mendidik putra-putri mereka. Apalagi, dengan banyaknya pondok pesantren yang berwajahkan modern dengan system pembelajaran yang banyak dan full day, makin banyaklah anak bangsa yang berkesempatan menuntut ilmu agama tanpa melupakan pendidikan umum.

Dengan system pembelajaran Dua puluh empat jam justru pesanten menjadi tujuan utama para masyarakat untuk mendidik putra-putrinya, dilihat dari sisi disiplinnya pesantren lebih unggul dibandingkan dengan sekolah-sekolah umum lainnya, dari mulai tidur sampai bangun kembali.

Berdasarkan pendataan pondok pesantren 2010-2011 dari Kementerian Agama, terdapat 27.218 ponpes yang tersebar di seluruh Indonesia. Jumlah santri secara keseluruhan bahkan mencapai 3.642.738 orang.

Loading...

Dengan banyaknya santri ataupun alumninya, pesantren telah lama menjadi lembaga yang memiliki peran penting untuk ikut serta mencerdaskan bangsa. Banyaknya jumlah pesantren di Indonesia, serta besarnya jumlah santri pada tiap pesantren menjadikan lembaga pesantren layak diperhitungkan bahwa pondok pesantren mempunyai peran besar untuk bangsa.

Terbukti dari para alumni yang telah menyelsaikan pendidikannya di pondok pesanten telah banyak memberikan sumbangsi kepada bangsa, Para alumni yang telah menduduki berbagai posisi penting di negeri ini tentu akan menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat untuk memebrikan kepercayaan kepada Pesantren itu sendiri, terutama dalam hal Pendidikan (Penggemblengan) mereka. Dengan sendirinya Pesantren akan tersosialisasikan kepada masyarakat luas.

Berkaca dari pengealaman yang didapat selama beberapa tahun di Pesantren tentunya para alumni harus memikirkan peningkatan pada mutu Pesantren yang semakin meningkat. Dalam berbagai kesempatan, peranan alumni dalam memajukan kualitas suatu institusi pendidikan formal sering terlupakan. Padahal, alumni merupakan aset penting yang harus dirangkul dan dikembangkan sedini mungkin.

Satu hal yang perlu disadari dan menjadi sebuah keniscayaan. semua santri yang sukses menjalani masa pendidikan di pesantren pada akhirnya akan menjadi alumni. Artinya, salah satu indikator keberhasilan proses pendidikan dapat dilihat dari keberhasilan alumni. para alumni menjalankan peran mereka di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. berbagai bidang pekerjaan yang mereka jalani secara profesional sesuai minat dan kemampuan.

 

 

 

 

Loading...

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah

Info Lainnya