Setiap sore hari adalah waktunya para santri Darunnajah 8 cidokom merefresh pikirannya dengan mengikuti segala kegiatan ekstrakuriker yang diminati oleh masing-masing santri sesuai dengan minat dan bakat seperti : paduan suara, tari daerah, angklung, marching band, futsal, sepak bola, basket, voli, badminton, tapak suci, rugbi, band, JMQ, marawis, hadroh, tari, multimedia, jurnalistik, kaligrafi, fotografer, dsb  begitu banyak kegiatan ekstrakuriker yang diselenggarakan dan dikembangkan di pondok ini. Karena pada hakikatnya fasilitas belajar para santri bukan hanya didalam kelas saja akan tetapi para santri juga mendapatkan fasilitas atau ruang belajar diluar kelas demi meningkatkan bakat para santri dalam berkarya dan berkreasi. 

Belajar atau berkreasi pada bidang-bidang yang diminati. Terlebih lagi didukung dengan bakat dan talenta yang sesuai, akan memberi semangat santri dalam mempelajari dan menjalaninya. 

Pengembangan bakat dan minat bertujuan agar para santri Belajar atau berkarya sesuai dengan kemampuan serta bakat dan minat yang dimilikinya. Dari sini para santri bisa mengembangkan kapabilitas untuk belajar dan berkarya secara optimal dengan penuh antusias. 

Karena bakat adalah kemampuan sebagai potensi yang masih perlu dikembangkan atau dilatih untuk mencapai suatu kecakapan, pengetahuan, dan keterampilan khusus.