Kamis, 4 Juli 2019 SD Islam Darunnajah kembali membuka secara simbolik seluruh kegiatan siswa di bidang non akademik dengan melaksanakan upacara di halaman sekolah. Pembukaan kegiatan siswa ini ditandai dengan upacara pramuka yang diikuti oleh seluruh siswa yang berjumlah 750 anak.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A tahun 2013, bahwa tujuan dari kegiatan ekstrakurikuler harus dapat meningkatkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik peserta didik serta harus dapat mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam upaya pembinaan pribadi menuju pembinaan manusia seutuhnya.

Pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh seluruh siswa, karena di dalam kegaiatan pramuka terdapat unsur pembinaan dan pembantukan karakater siswa seperti gotong royong, saling membantu, disiplin, rela berkorban, kerjasama dan juga kemandirian.

Kegiatan ekstrakurikuler pramuka juga sejalan dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 62 tahun 2014 tentang kegiatan ekstrakurikuler ayat (2) yaitu tujuan diselenggarakannya ekstrakurikuler adalah untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemempuan, keperibadian, kerjasama, dan kemandirian peserta didik secara optimal dalam rangka mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional.

Jika melihat seseorang di sekitar kita berkepribadian baik, ramah, sopan, suka membantu, jujur, dan bersahabat kita jangan melihatnya sebagai bentuk pribadi yang sudah jadi/ada sejak lahir, karena hal tersebut sebenarnya adalah bentuk pengembangan yang mereka lakukan.

Dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka diharapkan para siswa dapat mengembangkan kepribadian berbuat baik, berlaku sopan, suka membantu, jujur, ulet, pantang menyerah, bersahabat dll menjadi karakter yang melekat pada diri anak hingga dewasa. Kepribadian dan karakter-karakter tersebutlah yang akan menjadi modal bangsa ini untuk berkembang dan maju mensejajarkan diri dengan bangsa-bangsa lain yang lebih maju./Awaludin Ahmad