Menu

Peragaan Manasik Haji

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

 

PERAGAAN MANASIK HAJI

Oleh: Sukarmi, S.Ag.*

Peragaan manasik haji telah dilaksanakan di Pesantren Darunnajah Ulujami,terutama oleh santri Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah atau setingkat SMP dan SMA.

Sebaiknya pelaksanaan Ibadah dikenalkan kepada anak-anak sejak usia dini,karena hal ini dapat menanamkan kesan selama hidupnya,untuk itu Pesantren Darunnajah sebagai lembaga pendidikan Islamsangat mendukung kegiatan peragaan Manasik Haji bagi Taman Kanak-kanak/Raudlotul Athfal.

Kampus Pesantren Darunnajah dan peralatan manasik yang ada dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya,dan dapat diatur sedemikian rupa sehingga menyerupai Masy'aril Haram.

Kenapa di Darunnajah?

Pada awalnya TK/RA Darunnajah selalu mengikuti kegiatan manasik haji yang diadakan oleh Badan Koordinasi TK Islam di Istiqlal, kemudian pindah ke IGRA Jakarta Selatan yang biasa diadakan di Pondok Gede.

Mengingat waktu dan tempat yang jauh dan macet, maka pimpinan Pesantren Ustadz Drs. H. Sofwan Manaf, M.Si
memutuskan untuk TK Darunnajah tidak ikut manasik di Istiqlal atau Pondok Gede, kalau bisa buat sendiri.
Pada awalnya kami ragu-ragu, apakah bisa TK Darunnajah melaksanakan sendiri?
Tetapi dengan bantuan Ustadz H. Abd. Harits Qodir, Ustadz H. Romly Jawahir, Ustadz H. Muhibbin dan Ustadz Anwar Syafi'i dan dengan semangat dari tim guru-guru TK Islam Darunnajah,maka pelaksanaan manasik haji yang pertama (tahun 2003) bisa terlaksana.

*Penulis adalah Kepala TK Islam Darunnajah Ulujami     

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait