Menu

Pentingnya Sarapan Pagi

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

__Apa itu sarapan ?

Sarapan/ makan pagi adalah keadaan dimana mengonsumsi hidangan dipagi hari.

Banyak sekali diantara kita kurang memperhatikan dengan yang namanya sarapan pagi, kurang perduli dan menunda sarapan pagi, bukan karena tidak adanya makanan, akan tetapi malas dan tidak adanya waktu adalah dua faktor sarapan pagi menjadi tertunda. Sehingga hal itu sudah menjadi kebiasaan setiap harinya tanpa mempertimbangkan akibat dari menunda sarapan pagi.

Sarapan pagi adalah wajib bagi setiap orang, tidak ada bedanya bayi, anak-anak, dewasa, pekerja berat dan ringan, mereka membutuhkan tenaga untuk beraktivitas setiap hari, khususnya dipagi hari ketika memulai kehidupan baru.

Waktu sarapan pagi adalah dimulai dari bangun tidur dipagi hari sekitar pukul 03.00-10.00 wib. Untuk yang sering berpuasa diwaktu ini adalah sahur, dan bukan lagi hal yang berat untuk dilaksanakan. Berbeda dengan orang yang malas, sering kali mereka sarapan pagi hingga menjelang siang, dan sudah menjadi kebiasaan sehingga kurang mengenal sarapan pagi.

Untuk sarapan pagi hari tidaklah harus selalu banyak, cukup makanan sehat dan tidak berlebihan, cukup untuk mengganjal perut sehingga dapat memberikan tenaga kedalam tubuh dan menghindari dari masuknya penyakit.

Tidak jarang orang tidak tahu bahaya meninggalkan sarapan pagi, bukan karena tidak tahu tetapi karena belum merasakan apa akibat dari kebiasaan buruk itu, dan kurang memperdulikan betapa pentingnya arti dari sebuah kesehatan.

Berbeda dengan orang yang tidak sempat sarapan pagi karena beberapa hal, terburu-buru dalam pekerjaan, waktu yang padat untuk bekerja dan sebagainya. Itu sudah biasa mereka lakukan tanpa disadari semua itu dapat dengan mudah penyakit masuk kedalam tubuh.

Apa sih manfaat sarapan pagi ?

Selain memberikan energi kedalam tubuh, juga memberikan nutrisi pada otak, sehingga anak yang sarapan berprestasi lebh baik disekolah daripada anak yang tidak sarapan, selain itu juga dapat mengendalikan berat badan, memelihara kesehatan jantung, pikiran yang fokus dan hidup lebih sehat.

Apa dampak meninngalkan sarapan pagi ?

Mudah terkena penyakit magh, kurang konsentrasi terhadap pekerjaan, badan cepat lemas dan melemah.

Makanan sarapan pagi bervariasi dari satu tempat ke tempat lain, tetapi lebih sering termasuk karbohidrat, seperti nasi, gandum, sereal, buah atau sayuran, makan protein seperti telur, daging atau ikan.

4 cara membiasakan diri untuk sarapan setiap pagi adalah :

1. Ketika sedang berbelanja, sempatkan membeli bahan-bahan untuk sarapan

2. Menyiapkan sarapan pada malam hari

3. Membawa bekal sarapan

4. Jangan makan sebelum tidur, dan bangunlah setengah jam lebih awal

Jika sarapan pagi adalah wajib, makan siang adalah sunnah, maka makan malam adalah mubah. Jadi apakah betul sarapan pagi adalah waktu yang paling penting untuk makan ?

Sebenarnya setiap jam makan itu sama-sama penting karena tubuh manusia dirancang  sedemikian rupa untuk mendapatkan zat gizi secara bertahap, dan tidak secara langsung. Jadi seseoang tidak bisa menunda makan dengan alasan nanti siang sebagai balasannya.

Sistem pencernaan manusia mempunyai kapasitas dan kemampuan tersendiri untuk memproses makanan yaitu pada waktu pagi, siang dan sore. Oleh karena itu sebenarnya yang paling penting adalah bagaimana mengatur porsi makanan, kandungan gizi dan variasi makanan sehingga dengan itu akan mendapatkan manfaat hidup sehat.

Syathir

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Putri Al-Manshur Darunnajah 3 Serang Banten

Praktek Manasik Haji

Serang, (18/02/20) seluruh santriwati kelas 3 Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah melaksanakan kegiatan Praktek Manasik Haji. Kegiatan Praktek Manasik Haji adalah salah satu materi dalam

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

STAI Darunnajah Gelar Lomba Dakwah Haji Se-Jabodetabek,

STAI Darunnajah Jakarta akan menggelar Lomba Dakwah Haji se-Jabodetabek pada tanggal 7 Maret 2020. Dalam menggelar acara ini, STAI Darunnajah bekerjasama dengan Forum Komunikasi Alumni