pendidikan guru, pendidikan guru tk

Pentas seni tari dan drama pgtk darunnajah

Program Diploma 1 Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak Darunnajah yang secara struktural berada di bawah fakultas Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Darunnajah/STAIDA, mengadakan pentas seni pada tanggal 24 Januari 2011 dari pukul 11.00-14.00.acara pentas seni digelar bukan sekedar menyalurkan hobi atau minat para mahasiswa calon guru TK dalam bidang seni, melainkan lebih serius lagi sebagai materi Ujian Akhir Semester untuk mata kuliah Seni Tari dan Drama. Mata kuliah ini diampu oleh Saidah Ahmad S.Pd.I

Mengenai dekorasi panggung dan setting ruangan, diserahkan seutuhnya kepada mahasiswa. Mahasiswa PGTK Darunnajah yang jumlahnya 28 orang, membuat tim kreatif yang bertanggung jawab untuk mendisain panggung, yang aslinya merupakan ruang kuliah sehari-hari. Ide pelaksanaan pentas seni berasal dari dosen pengampu, dosen tidak menentukan apa dan bagaimana pentas seni ini dirancang, dosen pengampu memberikan sepenuhnya kepada mahasswa untuk mengembangkan kreatifitasnya.
Walaupun mahasiswa membentuk tim kreatif untuk mendisain panggung, namun bukan berarti ada mahasiswa yang berpanku tangan. Apalagi memang acara pentas seni ini dilakukan untuk pengambilan nilai UAS, sehingga para mahasiswa termotivasi untuk mengembangkan ide semaksimal mungkin dalam pentas seni ini, selain dengan tujuan mendapatkan hasil yang baik untuk mata kuliah seni tari dan drama, juga sebagai wadah untuk menuangkan ide-ide kreatif yang selama ini mereka miliki.
Akan halnya dana, mahasiswa PGTK tidak mengeluarkan dana dari saku pribadi mereka, karena dana yang terkumpul melalui penggalangan uang kas kelas setiap bulannya, telah mencukupi untuk mendanai acara.

pendidikan guru, pendidikan guru tk

pentas seni tari dan drama pgtk darunnajah

Acara berlangsung menarik dan menyenangkan bagi mahasiswa dan dosen pengampu. Pentas seni ini merupakan agenda tetap tahunan mahasiswa PGTK, karena dirasakan manfaatnya sangat besar bagi mahasiswa. Namun tentu rencana tersebut disesuaikan dengan fleksibilitas waktu kuliah yang cukup padat. Selain itu, sebagai calon guru TK, mahasiswa memang dituntut untuk kreatif dan memiliki sense of art yang tinggi dalam mengelola pembelajaran untuk anak usia dini. Sehingga setiap mata kuliah, khususnya mata kuliah kejuruan, memang merujuk kepada skil-skil yang dibutuhkan tersebut, karena menghadapi anak usia dini memang membutuhkan skil khusus dan tidak semua orang memiliki kemampuan untuk menjadi guru TK yang baik.

pendidikan guru, pendidikan guru tk

pentas seni tari dan drama pgtk darunnajah

Menurut Suryani, ketua mahasiswa PGTK, ide pentas seni sangat bagus dan bermanfaat. Mahasiswa tidak merasakan suasana ujian yang formal, karena acara berlangsung begitu menyenangkan, masing-masing mahasiswa mengeluarkan ide dan kemampuannya dengan cara dan gayanya masing-masing, sehingga waktu ujian selama 2 jam tidak membosankan. Acara ini juga berfungsi sebagai refreshing bagi mahasiswa di akhir perkuliahan. Bahkan dosen pengampu, staf pengelola PGTK dan staf pengelola STAIDA yang ikut menyaksikan acara inipun ikut merasa terhibur oleh aksi para mahasiswa yang mengalir secara alami dan seringkali memancing gelak tawa.

pendidikan guru tk

pentas seni tari dan drama pgtk darunnajah

Acara berlangsung dengan sukses, mahasiswa merasa terhibur, materi ujian telah dikerjakan, dan program kuliah berjalan lancar. Semoga mendapatkan nilai yang memuaskan, semoga seluruh mahasiswa dapat menjalankan fungsi di dunia pendidikan,dan mahasiswa PGTK Darunnajah dapat memberikan jiwa, fikiran dan segala kemampuannya secara total untuk mendidik calon pemimpin bangsa masa depan. Amin.
SELAMAT YA, CALON GURU TK