Pengolahan Sampah Darunnajah 2 Cipining

Pengolahan Sampah Darunnajah 2 Cipining

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram

Loading...

Untuk menjaga kebersihan Lingkungan Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining, maka Bagian kebersihan telah mencanangkan sistem bank sampah, untuk mengelola sampah dilingkungan asrama agar terlihat rapih dan indah.

Sampah adalah Masalah yang penting dilingkungan asrama karena sampah setiap hari tidak akan pernah habis, selalu bertambah seiring dengan banyaknya santri.

Bank sampah ini, akan menampung semua sampah kamar yang ada dilingkungan asrama yang telah diklasifikasikan sesuai asrama masing masing, seperti :

Asrama Kampus 1 : Blok Hafsah, Blok Gedung Perkantoran, Blok Tower Indosat

Asrama Kampus 2 : Blok Timur Mat’am Tahfidz

Asrama Kampus 3 : Blok Tower Wisma

Loading...

Karena keinginan kami untuk menciptakan pesantren yang bersih.

Maka bagian kebersihan, yang menangani sampah terus berpikir mengenai alur pembuangan sampah dilingkungan asrama Seperti:
1. Setiap kamar harus mempunyai 1 tong sampah yang setiap pagi dan sore harus membuang sampah ke pusat tong sampah yang dilakukan oleh piket kamar yang telah dijadwalkan
2. Untuk waktu pembuangan sampah terdapat 2 waktu pada pagi hari pukul 06.20 dan pada sore hari pukul 17.00
3. Tidak boleh meninggalkan tong sampah setelah membuang sampah

Bagian kebersihan ini bekerja sama dengan biro rumah tangga, agar segera meriliskannya bank sampah ini.
Untuk meriliskan bank sampah ini bagian kebersihan, telah mengambil langkah awal untuk mengatur alur pembuangan sampah agar semakin tertib yaitu dengan, memberikan nama tong sampah dengan nama rayon disertai dengan nomer kamar yang ada dilingkungan asrama kampus 1 putri, Kampus 2 Tahfidz dan Kampus 3 Putra agar semua kamar mempunyai rasa tanggung jawab, jika tidak ada tong sampah didepan kamarnya maka anak kamarnya wajib mencari tong sampah mereka, dengan melihat nama rayon serta nomer kamarnya agar tidak tertukar.

Penamaan tong sampah ini dilakukan oleh pengurus bagian kebersihan yang diawasi oleh ustadz dan ustadzah bagian kebersihan sampai penamaan tong sampah selesai sesuai apa yang direncanakan dari awal, setelah tong sampah diberi nama rayon dan nomer kamarnya, maka perwakilan kamar mengambil tong sampah tersebut.

Dengan mengambil langkah awal ini, hal ini berhasil untuk mengatur alur pembuangan sampah dengan tertib, Untuk penerapan alur sampah ini maka bagian kebersihan bekerja sama dengan wali kamar agar tetap mengontrol anak kamarnya mengenai kebersihan dan kesehatan anak kamarnya dengan mengadakan pengabsenan setiap harinya.

Baca juga : Friendly Football Match Guru dan Santri Darunnajah 2 Cipining

Loading...

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah