Pengabdian Pesantren, Mundur selangkah untuk maju seribu langkah

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Pondok pesantren adalah tempat yang sangat relevan dan tepat untuk mengembangkan berbagai kemampuan dan potensi untuk membangun umat dan bangsa.

pondok pesantren darunnajah adalah salah satu pondok pesantren modern yang memberikan wadah bagi santri untuk mengekspresikan kemampuan mereka dan meningkatkan kualitas diri untuk memperjuangkan kemajuan umat.

segala sesuatu yang kita rasakan berupa kesejahteraan kedamaian dan rasa syukur diiringi keberkahan di pondok pesantren bisa kita dapatkan salah satunya adalah karena keikhlasan para waqif (pendiri) pondok pesantren Darunnajah.bentuk realisasi dari rasa syukur itu adalah dengan meneruskan perjuangan nya yang bisa kita sebut dengan istilah ”’Mengabdi”‘

pengabdian di pondok pesantren Darunnajah merupakan suatu kesyukuran karena bisa bergabung dan berjuang bersama meneruskan cita cita pendiri,dengan keridhoan Allah subhanahuwa ta’ala dan dengan motivasi yang diberikan oleh segenap asatidz, dan asatidz pengabdian ank 42 ,alhamdulillah angkatan ke 43 darunnajah,setelah resmi menjadi alumni 19 putra dan 9 putri mengajukan untuk mengabdi di pondok pesantren darunnajah pusat dan banyak lainnya yang tersebar di darunnajah cabang.

teringat selalu petuah para kiyai kami :

”العلم بالتعلم والبركة بالخدمة

“ilmu itu dengan belajar dan keberkahan dengan khidmah”

Khidmah selalu diiringi dengan ketulusan,ketulusan adalah simbol memberi tanpa ada motivasi selain kasih sayang dan kebahagiaan pada yang diberi

Khidmah bertujuan untuk mendapatkan keridhoan dari seorang guru serta keberkahan dari Allah subhanahuwa taala yang bernilai oleh para penghuni langit,sehingga mempermudah segala pekerjaan kita di bumi.

Dengan semangat yang tersalurkan dari para pendiri untuk kita,insyaallah kita akan menjadi orang orang besar,seperti yang dikatakan oleh KH.Mahrus amin :

‘’كل شىءيبدواصغيراويكبرويكبر’’

“Segala sesuatu dimulai dari kecil lalu menjadi besar dan besar”

Petuah inilah juga yang menghidupkan semangat dalam pengabdian pada guru,pada lembaga dan pada segenap umat islam di seluruh dunia,dengan berusaha berbagi dan memberi ilmu dan kebermanfaatan.

Dan mengingatkan pada kita bahwa segala yang ingin kita raih selalu dimulai dengan langkah kaki pertama dan dari halhal kecil yang menciptakan cita cita besar.

semoga segala hal hal baik selalu menyertai kita dan kita selalu dapat berbagi esensi kebermanfaatan untuk umat dan bangsa.

Ditulis oleh Abdurrahman Assudaisiy , Guru Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta dan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Darunnajah

 

 

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Nasihat Untuk Guru Baru 2020

via IFTTT NASIHAT DAHSYAT PA KYAI UNTUK CALON ALUMNINasihat Syeikh Dr. Sa’ad bin Nashri As Syatsri untuk Santri[Celoteh Santri] Nasihat ketua JQ kepada anggotanya[Celoteh Santri]