Menu

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al-Manshur

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

h1>a href=”http://darunnajah3.com”>Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)/a>/h1>
a href=”http://darunnajah3.com/pendidikan-anak-usia-dini-paud-almanshur/paud-al-manshur/” rel=”attachment wp-att-1797″>img class=”alignleft size-medium wp-image-1797″ title=”paud-al-manshur” src=”http://darunnajah3.com/wp-content/uploads/2012/04/paud-al-manshur-300×200.jpg” alt=”” width=”300″ height=”200″ />/a>SERANG/a href=”http://darunnajah3.com”>darunnajah3.com/a> – Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.

a href=”http://darunnajah3.com”>Pendidikan anak usia dini/a> merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

a href=”http://darunnajah.com”>Tujuan pendidikan anak usia dini/a> adalah (1)  membangun landasan bagi berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkepribadian luhur, sehat, berilmu, cakap, kritis, kreatif, inovatif, mandiri, percaya diri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. (2) mengembangkan potensi kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, kinestetis, dan social peserta didik pada masa emas pertumbuhannya dalam lingkungan bermain yang edukatif dan menyenangkan.

Konteks penyelenggaraan pendidikan anak usia dini sebagai berikut; (1) bermain sambil belajar dalam rangka pembelajaran agama dan ahlak mulia, (2) bermain sambil belajar dalam rangka pembelajaran sosial dan kepribadian, (3) bermain sambil belajar dalam rangka pembelajaran estetika, (4) bermain sambil belajar dalam rangka pembelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan, (5) bermain sambil belajar dalam rangka merangsang minat kepada ilmu pengetahuan dan teknologi.

Rentangan anak usia dini menurut Pasal 28 UU Sisdiknas No.20/2003 ayat 1 adalah 0-6 tahun. Sementara menurut kajian rumpun keilmuan PAUD dan penyelenggaraannya di beberapa negara, a href=”http://darunnajah.com”>PAUD /a>dilaksanakan sejak usia 0-8 tahun.

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang Banten

Pengalaman Adalah Guru Terbaik Dalam Kehidupan

Pamulang- Santriwati Darunnajah 9 tingkat Aliyah, ikut berpartisipasi dalam acara Pagelaran Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah Aliyah (AKSIOMA). Kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah MAN