Search
Close this search box.
blank

Pembukaan Konferensi Internasional Pengasuh Pesantren se-Asia Tenggara Dan Grand Launching Universitas Darunnajah

Pembukaan Konferensi Internasional Pengasuh Pesantren se-Asia Tenggara Dan Grand Launching Universitas Darunnajah

blank

blank

Konferensi internasional dan Grand launching Universitas Darunnajah merupakan acara terbesar yang pernah diadakan oleh Pondok Pesantren Darunnajah. Acara ini yang dipanitiai langsung oleh beberapa guru – guru TMI dan mahasiswa dari Universitas Darunnajah, bahkan para santri kelas 6 TMI juga turut serta dalam kepanitian ini. Kepanitian inilah kepanitian terbesar bagi santri kelas 6 TMI, sekaligus bisa kita jadikan pengalaman untuk kedepannya.

Acara ini berlangsung pada tanggal 7 November 2022 hingga 8 November 2022. Acara ini dihadiri langsung oleh Wakil Rektor Universitas Islam Madinah Dr. Hasan Abdul Mun’im Al-aufi, Dr. (H.C.) H. Muhammad Jusuf Kala, Dr. K.H. M. Tata Taufik, M.Ag. Dr. K.H. Muhammad Hidayat Nur Wahid, M.A. Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin, K.H. Hasan Abdullah Sahal, bahkan beberapa pesantren dari berbagai daerah.

blank

Pembukaan acara diadakan pada tanggal 7 November 2022, berlangsung di Gedung Olahraga atau GOR Darunnajah. Acara ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al – Qur’an, yang kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan kalimat tarhib yang disampaikan oleh Dr. K.H. Sofwan Manaf, M.Si, selaku pengasuh pesantren dan Presiden Universitas Darunnajah. Tarhib yang berisi tentang sejarah Darunnajah dan tujuan dengan didirikannya pondok ini,bahkan juga menjelaskan tentang sistem pendidikan di Darunnajah ini.

Beliau berkata sesuai dengan cita – cita pendiri para tim universitas darunnajah akan mengembangkan universitas darunnajah ini dimasa yang akan datang. Harapan kedepannya agar Universitas ini bisa lebih berkembang dan terus meningkat kualitasnya.

blank

Sambutan pertama dibawakan oleh Dr. K.H. M. Tata Taufik, selaku presiden P21. Beliau mengajak agar Pesantren di abad ke – 21 ini harus berbeda, harus ada konsep – konsep baru dalam banyak hal. Kalau para pendahulu kita sudah menanamkan ide pesantren yang telah kita jalankan, maka kita juga harus lebih memperbahurui konsep – konsep untuk kedepannya.

blank

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Dr. K.H. Muhammad Hidayat Nur Wahid, selaku Wakil Ketua MPR RI. Beliau mengucapkan selamat atas berdirinya Universitas Darunnajah.

blank

Orasi ilmiah Ketua Dewan Masjid Indonesia dengan tema internasionalisasi pesantren : pesantren sebagai pusat peradaban internasional yang akan disampaikan oleh Dr. (H.C.) H. Muhammad Jusuf Kala. “Peran Pesantren itu bukan hanya memberikan ilmu saja, tapi juga mempunyai pengaruh yang luar biasa. Ternyata juga bukan hanya berpengaruh dikehidupan masyarakat, tapi juga berpengaruh dikehidupan politik,” begitu kata Beliau.

Amanat selanjutnya disampaikan oleh . Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin, selaku Wakil presiden RI, dilanjutkan dengan launching Universitas Darunnajah dan pembukaan konferensi internasional pengasuh pesantren se-Asia Tenggara. Pada amanat ini Beliau berpesan agar Darunnajah menyelenggarakan pendidikan yang inklusif dan berkualitas untuk semua, dan pesan yang kedua agar Universitas bisa mengembangkan keahlian dan bakat individu yang sesungguhnya dipersiapkan untuk memajukan perekonomian dan memerangi kemiskinan negara.

blank

Selanjutnya ialah tausiyah dan do’a yang disampaikan oleh Pimpnan Pondok Modern Darussalam Gontor, sekaligus Dewan Nazir Darunnajah K.H. Hasan Abdullah Sahal. Harapan beliau semoga dengan berdirinya Universitas Darunnajah ini bisa menjadi buah yang akan mebuahkan lagi buah – buah yang akan datang.

blank

Memasuki acara terakhir ialah sesi perfotoan dan penandatanganan prasasti peresmian gedung Universitas Darunnajah. Penandatangan ini ditanda tangani langsung oleh Wakil Rektor Universitas Islam Madinah Dr. Hasan Abdul Mun’im Al-aufi, Dr. K.H. Muhammad Hidayat Nur Wahid, Dr. (H.C.) H. Muhammad Jusuf Kala, dan K.H. Hasan Abdullah Sahal

 

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah