Search
Close this search box.
blank

Pembukaan Harakat Akhir Ramadhan & Mengenal Nilai-Nilai Berkhidmah

Pembukaan Harakat Akhir Ramadhan & Mengenal Nilai-Nilai Berkhidmah

blank

Pesantren Darunnajah menyelenggarakan pembukaan Harakat Akhir Ramadhan untuk santri kelas akhir TMI Darunnnajah di Aula Al Ghazali pada Senin, 21 Ramadhan 1445 Hijriah, bertepatan dengan 1 April 2024 Masehi di Aula Al Ghazali.

Acara ini diawali dengan lantunan ayat suci Al-quran yang dilantukan oleh Adam Ahmad Hanafi, santriwan kelas akhir TMI Darunnajah.

Dibuka langsung oleh Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah, Ayahanda K.H Hadiyanto Arief, S.H., M.Bs. Beliau memberikan sambutan yang memotivasi para santri untuk menjalani Harakat Akhir Ramadhan dengan penuh semangat dan keikhlasan.blank

“Syukur itu satu-satunya perintah Allah SWT., yang harus kita jalani, baik di dunia maupun di akhirat,” ucap beliau menambahkan kata-kata sambutannya.

Beliau menjelaskan bahwa umat Islam memiliki keistimewaan karena hanya berada dalam dua kondisi, yaitu syukur dan sabar.

Syukur dan sabar ini dapat kita nikmati dalam dua bentuk, nikmat sughra dan nikmat kubra.

Nikmat sughra itu nikmat yang bisa diketahui keberadaannya, seperti kesehatan.

Sedangkan, nikmat kubra adalah nikmat yang terkait dengan hidayah dari Allah SWT., dengan sifat Ar-Rahim-Nya, semua umat dapat menikmati sinar matahari sebagai contohnya.

Pada Harakat Akhir Ramadhan ini, santriwan dan santriwati kelas akhir TMI mengikuti kegiatan yang dimulai dari dini hari untuk Qiyamul Lail, dilanjutkan pagi hari dengan sholat dhuha dan pembekalan-pembekalan. Juga terdapat pendalaman materi terkait dengan kitab kuning pada sore hari.

blank

 

blank

 

Berita: Alya Diena & Nazilah Ramadhani (Santriwati kelas Akhir TMI)

Foto: Darunnajah Production House

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah