Pembukaan Harakat Akhir Ramadhan Santri Kelas 6 TMI Darunnajah Jakarta

Pembukaan Harakat Akhir Ramadhan Santri Kelas 6 TMI Darunnajah Jakarta

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Loading...

02/Mei/2021, Harakat akhir Ramadhan (Haram) adalah salah satu tradisi kegiatan Santri kelas 6 TMI Darunnajah yang biasanya bermukim pada 10 hari terakhir dibulan Ramadhan. Adapun kegiatan selama Haram diantaranya: membersihkan seluruh lingkungan Pondok Pesantren Darunnajah, memasak bersama untuk sahur dan berbuka, mempersiapkan acara Porseka, kajian beberapa kitab kuning yaitu Kitab Ta’lim Muta’allim dan Fathul Qorib, dan Sholat Qiyamul lail.

 

Pada pembukaan pagi ini terdapat amanat yang disampaikan oleh Ustadz Aunnur Rofiq. Berikut beberapa isi sambutan yang disampaikan oleh beliau:

  1. Salah satu tradisi Santri dalam berkumpul adalah Ketika bearada disebuah forum sidang maka dalam keadaan hening. Layaknya perumpamaan seperti “sebuah jarum jatuh terdengar” ucap Kyai Pondok Pesantren.
  2. Segala sesuatu memiliki kelebihan, keistimewaan, dan kekurangan, begitupun dengan Pondok Pesantren Darunnajah. Darunnajah memiliki keunggulan dan kekhususan yang tidak dimiliki Pesantren lainnya. Salah satunya adalah Pendidikan Non -Akademik yang mengajarkan bagaimana cara bermuamalah dengan antar manusia dan manusia dengan tuhan-Nya.

Loading...

 

3. “Sow a thought and you reap an action; sow an act and you reap a habit; sow a habit and you reap a character; sow a character and you reap a destiny”. Yang artinya “Menabur pikiran dan Anda menuai tindakan; menabur tindakan dan Anda menuai kebiasaan; menabur kebiasaan dan Anda menuai karakter; menabur karakter dan Anda menuai takdir”.

4. “Start early, start small. Start now, start from yourself”.

5. Senangi apa yang kamu kerjakan, kerjakan apa yang kamu senangi.

6. “You are what you think, you think what you are”.

Kesimpulan dari sambutan diatas adalah nasib seseorang terletak pada akhlak karakternya, separti “habit to action, action to what in the mind (or mindset)”.

(dn.com/Pers&JurnalistikPutri2021)

Loading...

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah