Pembinaan Guru (1): Pemeriksaan Administrasi Guru

Pembinaan Guru (1): Pemeriksaan Administrasi Guru

Bagikan

Hari ini Kamis, 22 September 2022, sekira 300 guru TMI Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor telah selesai melaksanakan program Pemeriksaan Administrasi Guru. Menggunakan kesempatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) pekanan setiap Kamis siang, proses supervisi administrasi ini berlangsung pada pukul 13.00 – 15.00 wib.

Seorang guru harus memiliki kelengkapan administrasi, antara lain: Program Tahunan (Prota), Program Semester (Prosem), Jadwal Mengajar, Silabus & Batas Pencapaian Pelajaran, Buku Ajar (Pedoman), Buku I’dad Tadris (Lesson Plan), dan Buku Daftar Hadir & Nilai Siswa/Santri.

Secara teknis, para guru dibagi ke dalam 11 kelompok guru putra (asaatidz/asaatidzah) dan 11 kelompok guru putri (ustaadzaat). Setiap kelompok terdiri dari 11-13 guru. Setiap kelompok diperiksa oleh para Guru Master yang notabene juga sebagai Pengawas Pesantren, Pembina Pesantren, Direktur TMI, Penjamin Mutu Pendidikan, Kepala Madrasah/Sekolah, dan beberapa guru senior.

Suasana Zona Alexandria

Berlokasi di gedung baru zona Alexandria (Iskandaria), rangkaian pemeriksaan administrasi guru ini merupakan bagian dari pembinaan guru, di samping program pembinaan lainnya, seperti: Taftisy I’dad Tadris, Supervisi Guru mengajar di dalam kelas, Ta’hil Mudarris/ah (Microteaching, peer teaching), Taujihat wal Irsyadat pembuatan soal ujian, Taujihat wal Irsyadat pengawasan ujian, hingga Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). (Wardan/Mr. MiM).

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah